Manfaat Dan Khasiat Sambiloto Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Sambiloto Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Sambiloto adalah tanaman yang memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata Ness, tanaman ini merupakan tanaman herba yang memiliki rasa yang terpahit diantara tanaman herba yang lainnya.

Adapun ciri – ciri dari tanaman herba sambiloto diantaranya tanaman ini merupakan tanaman rumpun yang memiliki banyak cabang yang tingginya dapat mencapai antara 30 – 100 cm. Tanaman sambiloto memiliki bunga yang berwarna putih keunguan, daunnya berbentuk lanset, runcing pada bagian ujungnya dan rata pada bagian tepinya.

Daunnya kecil dengan panjang antara 2 – 8 cm. dan lebar 1 – 3 cm, memiliki tangkai, dan letaknya berhadapan. bagian atas daun berwarna hijau tua, sedangkan bawah daun berwarna hijau muda.buah sambiloto berbentuk bulat panjang dengan setiap rongga buah terisi biji cokelat muda.

KHASIAT KANDUNGAN SAMBILOTO

Senyawa Aktif yang terkandung dalam sambiloto yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia diantaranya adalah sebagai berikut Andrographolid, alkane, keton, aldehid, damar, minyak asiri, laktone, dan flavanoid. Flavanoid merupakan senyawa yang dapat mencegah dan menghancurkan penggumpalan darah, selain itu juga dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya kanker.

Secara garis besar, beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman sambiloto adalah mampu mengobati infeksi dengan merangsang daya tahan sel ( fagositosis ) darah putih, mampu melawan bakteri Salmonella dan E.coli pada penyakit tifoid dan disentri, mampu menghambat reaksi imunitas dan menghilangkan rasa nyeri.dapat meredakan demam, serta dapat menghilangkan panas dalam, dan bengkak. disamping itu sambiloto juga bersifat anti racun, antihistamin (anti batuk) ,antipiretik, dan antiradang yang diperoleh dari manfaat minyak asiri.

Sedangkan untuk penyakit berat, sambiloto pun menawarkan segudang penawar. sambiloto dapat bersifat khloretis atau meningkatkan sekresi empedu dalam hati, juga dapat menghambat pertumbuhan trofosit placenta, menghancurkan inti sel kanker, kondensasi sitoplasma sel tumor, serta menjaga hati selain itu berdasar kan penelitian sambiloto di universitas Gajah Mada sambiloto mampu mengatasi diabetes. yang perlu diperhatikan bahwa sambiloto tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena bisa mengganggu kehamilannya.

Andrographolid merupakan Zat yang menyebabkan sambiloto bisa terasa sangat pahit. pada bagian daun dan batang sambiloto kandungan andrographolidnya bisa mencapai 2,5 – 4,8% dari seluruh kandungan sambiloto. dengan kandungan zat pahit inilah justru memberikan manfaat bagi tubuh.

Kandungan Andrographolid antara lain mineral, kalium, natrium, kalsium, dan asam kersik. dengan kandungan kalium diuretik, sambiloto membantu mengatasi tekanan darah tinggi dengan mengeluarkan air dan natrium sehingga menurunkan tekanan darah.
Selain itu, sebagai koleretik, andrographolid dapat menjaga kesehatan empedu dengan meningkatkan aliran empedu,garam empedu dan asam empedu. Andrographolid juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati, payudara, dan prostat. andrographolid juga mampu meningkatkan antibody sehingga tubuh menjadi lebih kuat.Zat pahit andrographoldi juga memiliki efek antiradang dan antipiretik.

CARA MENGOLAH SAMBILOTO

Hampir semua bagian tanaman sambiloto dapat digunakan sebagai obat – obatan. Banyak cara pengolahan sambiloto, ada yang direbus, ada juga yang ditumbuk, tergantung dari tujuan penggunaan sambiloto.

FAKTA SAMBILOTO

Saat ini sebuah produk berbahan dasar sambiloto telah dipatenkan menjadi obat anti HIV-1 dan HIV-2 dengan nama AndroVirTM Kandungan diterpenoid labdane dalam andrographolid dapat menghambat perkembangan HIV dalam tubuh.

RACIKAN SAMBILOTO

Racikan Obat Diabetes

Bahan :

  1. 1/2 genggam daun sambiloto
    2. 4 gelas air

Cara membuat :

  • Cuci bersih daun sambiloto lalu rebus dengan 4 gelas air hingga matang dan tersisa 3 gelas air.
  • Dinginkan lalu saring air rebusan. minum 3 kali sehari setelah makan.Racikan Obat TBC

Bahan :

  • Daun Sambiloto secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara Membuat :

  • Daun Sambiloto dikeringkan lalu digiling halus hingga menjadi bubuk.
  • Tambahkan madu secukupnya hingga adonan dapat dibentuk bulatan sebesar 0,5 cm.
  • Bulatan Daun Sambiloto diminum 2 – 3 kali dengan sekali minum sebanyak 15 – 30 pil bulatan.

Demikian sedikit gambaran tentang manfaat tanaman herba sambiloto untuk kesehatan tubuh kita, semoga dapat menambah wawasan dan manfaat untuk kita semua.