Manfaat Dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Manfaat Dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan. Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama digunakan masyarakat Indonesia.temulawak banyak digunakan sebagai obat alami dalam memerangi berbagai jenis penyakit.Temulawak juga digunakan sebagai sumber karbohidrat, pewarna makanan alami, atau penyedap makanan dan minuman.

Temulawak yang memiliki ilmiah Curcuma xanthorriza, Roxb. Tanaman temulawak termasuk jenis tanaman rimpang yang masih satu famili dengan jahe dan kunyit.

Ciri – ciri dari temulawak adalah mempunyai rasa yang pahit, memiliki batang semu dengan tinggi antara 50 cm – 200 cm, daun Temulawak memanjang seperti lembing dengan tangkai daun yang panjang. Permukaan daun temulawak berwarna hijau tua dengan garis – garis cokelat dan berbintik – bintik jernih. sedangkan punggung daunnya pudar dan mengkilap. bunga temulawak berwarna kuning tua dan bergerombol. bila bunga ini mekar dipagi hari, sore harinya bunga ini sudah layu dan tidak akan mekar kembali. daging temulawak berbentuk umbi bulat telur dengan warna kekuning – kuningan. memiliki aroma bau yang khas

KHASIAT KANDUNGAN TEMULAWAK

Temulawak mengandung banyak nutrisi dan mineral. beberapa kandungannya antara lain sebagai berikut Zat kuning kurkumin, minyak asiri, pati, protein, lemak, selulosa, mineral, dan antioksidan alami.  Temulawak juga mengandung karbinol, fellandrean, turmerol, kalium, natrium, magnesium, zat besi, mangan, dan cadmium.

Temulawak digunakan untuk mengobat sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, maag, kurang nafsu makan, cacar air, sakit perut, sembelit, serta kurangnya produksi ASI pada ibu menyusui. sedangkan untuk mengobat penyakit berat, temulawak juga dapat membantu menjaga fungsi hati serta berperan sebagai antimikroba dan mampu mengobati kanker.

Temulawak juga digunakan sebagai kosmetik dan kecantikan,karena temulawak bersifat antiseptik dan astringen, dengan daya antiseptiknya, temulawak dapat membersihkan bakteri yang terdapat di kulit, dengan begitu radang jerawat dapat membaik, mengering dan akhirnya menghilang.selain itu, sifat astringen pada temulawak berperan sebagai antijerawat. dengan sifat astringen ini temulawak dapat memicu terjadinya oedema pada pori – pori kulit sehingga mengurangi sekresi sel sebasea.

Manfaat Temulawak Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Khasiat Temulawak yang paling terkenal adalah sebagai obat penyakit hati, baik hepatitis maupun perlemakan hati. Curcuminoid merupakan senyawa temulawak yang berperan dalam menjaga fungsi hati.Temulawak berfungsi sebagai kolagoga yakni meningkatkan produksi dan sekresi empedu, menurunkan kolesterol hati, serta mengaktifkan enzim pemecah lemak dihati.

CARA MENGOLAH TEMULAWAK

Bagian dari temulawak yang bisa dimanfaatkan hanya bagian rimpangnya saja. cara mengolah rimpang ini beragam cara. Ada yang direbus dengan air dan diseduh, ada juga yang diparut untuk diambil airnya, atau digunakan sebagai jamu.pada saat ini sudah tersedia produk temulawak dalam bentuk instan seperti serbuk dan kapsul.

FAKTA TEMULAWAK

Temulawak memiliki kandungan protein pati lebih tinggi dibandingkan jagung dan gandum. jadi temulawak terbukti bagus digunakan sebagai bahan makanan karena mudah dicerna, terutama bagi bayi dan orang yang baru saja sakit.

RACIKAN TEMULAWAK

Racikan Obat Hepatitis

Bahan :

  • 30 – 60 gr temulawak
  • 2 gelas ( 400 ml ) air

Cara Membuat

  1. Kupas dan iris tipis temulawak segar lalu cuci bersih.
  2. Rebus Temulawak dalam 400 ml air hingga matang dan tersisa 1 gelas air
    3. Minum air temulawak 1 gelas 2 kali sehari

Racikan Penambah Nafsu Makan

Bahan :

  • 2 rimpang temulawak
  • 1/4 rimpang lengkuas
  • 3 gelas air

Cara Membuat :

  1. Kupas dan iris tipis temulawak dan lengkuas
    2. Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air
    3. Saring dan Minum 1/2 gelas air. lakukan 2 kali sehari.

Demikianlah tentang manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Semoga dapat menambah pengetahuan dan manfaat.