Marak Beredar Pupuk Palsu, Kementan Imbau Petani Cek Nomor Register, Begini Caranya

Marak Beredar Pupuk Palsu, Kementan Imbau Petani Cek Nomor Register, Begini Caranya

2
Bagikan
foto by Detikcom

Jakarta, Kabartani.com – Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian Muhrizal Sarwini menghimbau bagi para petani untuk lebih teliti ketika membeli pupuk. Petani diminta untuk mengecek nomor register pupuk yang tertera di karung kemasan ke situs www.pertanian.go.id.

“Untuk melihat apakah pupuk itu palsu atau tidak, bisa masukkan nomor pendaftaran ke www.pertanian.go.id. Terus ada di situ pilih pupuk atau bisa SMS,” kata Muhrizal di Bareskrim Polri, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Menurutnya, saat ini telah banyak beredar pupuk palsu yang sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia, diantaranya Aceh, Kalimantan, dan Sumatera. Pupuk palsu bisa dibedakan dengan harganya, jika ada pupuk yang harganya di bawah harga pasaran, itu bisa diindikasikan pupuk palsu, oleh karenanya segera lakukan pengecekan nomor regster dengan cara diatas tadi.

“Para petani harus berhati-hati kalau menemukan pupuk yang harganya lebih murah,” ujar Muhrizal.

Dia juga mengatakan secara kasat mata pupuk palsu memang sulit dibedakan dengan yang asli. Hanya hasil tes laboratoriumlah yang bisa memastikan.

“Kalau secara kasat mata agak susah karena bentuknya sama, kecuali urea, dia bisa dibedakan baunya,” imbuhnya.

Muhrizal lebih lanjut menjelaskan, untuk mengantisipasi semakin meluasnya peredaran pupuk palsu tersebut, pemerintah akan mengeluarkan pupuk bersubsidi yang bisa diperoleh oleh petani yang hanya mempunyai lahan kurang dari 2 hektare. Mereka bisa mendapatkan pupuk dengan harga Rp 2.300 per kg.

Simak juga Cara Membuat Pupuk KCL Organik Dari Sabut Kelapa

“Pupuk bersubsidi hanya bisa didapatkan petani yang mempunyai tanah 2 hektare, harganya Rp 2.300/kg, harga asli Rp 6.000/kg,” ungkapnya. (rvk/fdn)

Loading...

2 KOMENTAR

  1. Di Bima Ntb ada yg jual pupuk Non Subsidi NPK POSKA, SP36 DAN KCL. Produksi Cv. DWI SRI RAMA. Harga subsidi. Asli atau palsu…. ?

    • Bukan palsu tapi dia berupaya mengecoh petani yang tidak teliti. Mau saya bilang palsu kadang2 mereka juga ada ijin edar, tapi yang asli nama nya PHONSKA , cek ejaannya. Diproduksi PT petrokimia gresik

BERI BALASAN