Media Tanam Dari Batang Pakis Juga Dapat Digunakan Untuk Menanam Sayuran

Media Tanam Dari Batang Pakis Juga Dapat Digunakan Untuk Menanam Sayuran

0
SHARE

Kabartani.com – Media Tanam Dari Batang Pakis Juga Dapat Digunakan Untuk Menanam Sayuran, Berbagai macam media tanam dalam budidaya tanaman, tujuan dari penggunaan media tanam  yaitu agar tanaman yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik dan subur selain itu juga dapat memudahkan dalam pemeliharaan.

Berikut salah satu media tanam yang berasal dari batang pakis, media tanam ini seringkali dipakai untuk menanam tanaman seperti bunga, selain itu sayuran pun juga bisa hidup dan tumbuh pada media ini.

Adapun keunggulan media tanam dari batang pakis diantaranya sebagai berikut :

  • Batang pakis yang sudah dipotong kecil – kecil memiliki sifat yang mudah dalam mengikat air
  • Media tanam dari batang pakis juga memiliki Aerasi serta Drainase yang baik
  • Media tanam ini bertesktur lunak sehingga mudah untuk ditembus oleh akar tanaman

Berdasarkan pada warnanya, batang pakis dibedakan menjadi 2, yaitu batang pakis hitam dan batang pakis cokelat. Adapun batang pakis yang sering digunakan sebagai media tanam adalah batang pakis hitam.

Karena batang pakis hitam diambil dari tanaman pakis yang sudah tua dan lebih kering. Selain itu batang pakis hitam ini juga mudah untuk dibentuk menjadi potongan-potongan kecil yang dikenal sebagai cacahan pakis.

Batang pakis juga banyak dijual sebagai media tanam yang siap pakai dan biasanya dalam bentuk lempengan persegi empat. Untuk batang pakis yang berbentuk lempengan biasanya digunakan untuk menanam anggrek.

Baca Juga :

Demikianlah beberapa keunggulan media tanam yang berasal dari batang pakis. semoga dapat menambah manfaat.