Berita Melalui PKUR, Petani Bisa Raup Jutaan Rupiah per Bulan

    Melalui PKUR, Petani Bisa Raup Jutaan Rupiah per Bulan

    0
    Bagikan

    BLITAR – Kabartani.com – Pengurus Pusat dan Kantor Wilayah Malang dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) Kantor Wilayah Malang, pada Sabtu (14/4), mengadakan monitoring ke beberapa Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), di daerah Blitar, diantaranya adalah PKUR budidaya ulat hongkong, PKUR budidaya cabai besar, dan PKUR budidaya Kucai. Adapun total dana zakat yang diberikan dalam bentuk modal usaha untuk tiga program PKUR tersebut sebesar Rp 256.396.000,-.

    Perolehan pendapatan dalam sebulan untuk budidaya ulat hongkong rata-rata mencapai Rp. 1,5 – 2,2 juta. Lain halnya dengan budidaya cabai besar, persentase keberhasilannya sekitar 40% dalam satu siklus.  Rata-rata pendapatan mencapai budidaya cabai besar Rp. 4 – 5 juta. Sedangkan untuk budidaya kucai masih dalam tahap panen perdana, sifat tanaman tersebut semakin lama jumlah tanaman semakin berkembang, dan rata-rata panen perminggu mencapai Rp. 200 – 250 ribu.

    Turut hadir dalam monitoring tersebut, Edy Utomo selaku Wakil Ketua YBM-BRI Pusat, Sepyan Uhyandi selaku Sekretaris Jenderal YBM-BRI Pusat, Djoko Purwanto selaku Bendahara Umum YBM-BRI Pusat, Darmawan Bambang selaku Seksi Pendayagunaan Ekonomi YBM-BRI Kanwil Malang, Muhammad Salman selaku Manager Ekonomi Kantor Pusat, M. Ainun Najib selaku Pelaksana Harian YBM-BRI Kanwil Malang, dan peserta dari masing-masing program PKUR.

    Para anggota dan mentor usaha termotivasi dengan adanya monitoring tersebut. Bersamaan dengan itu, pengurus YBM-BRI sangat antusias dan banyak memberikan pandangan, serta solusi yang efektif kepada para anggota dan mentor usaha. Harapan para pengurus bantuan modal usaha yang diberikan dapat didayagunakan semaksimal mungkin dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengembangkan usaha.

    “Terima kasih YBM-BRI, dengan adanya monitoring tersebut, kami dapat mengetahui perkembangan usaha, kendala apa saja yang dialami secara langsung. Baik itu yang gagal maupun sukses,” ucap salah satu peserta penerima manfaat program PKUR.

    Loading...

    BERI BALASAN

    Please enter your comment!
    Please enter your name here