Hortikultura Buah-Buahan Memacu Pembungaan Tanaman Jeruk Dalam Pot (Induksi Bunga)

Memacu Pembungaan Tanaman Jeruk Dalam Pot (Induksi Bunga)

0
Bagikan

Kabartani.com – Tabulampot jeruk umur 1,5-2 tahun yang pertumbuhannya normal mestinya sudah mampu untuk berbuah, akan tetapi karena asupan nutrisinya tercukupi terus menerus biasanya akan terjadi pertumbuhan vegetatif saja dan tanaman enggan untuk berbuah.

Kondisi sebaliknya terjadi bila tanaman sering mengalami kekurangan air akan menyebabkan tanaman mengalami cekaman (stress) air, sehingga tambahan air yang kita berikan akan memacu pertumbuhan tunas baru yang akan diikuti munculnya bunga.

Perlakuan stress air inilah selanjutnya kita lakukan untuk memacu pembungaan tanaman jeruk dalam pot. Saat yang tepat untuk melakukan stress air pada tanaman jeruk adalah pada saat tanaman sedang berhenti tumbuh (dorman).

Perlakuan stress air secara umum bisa dilakukan pada tanaman buah-buahan lainnya, namun ada pula yang tidak perlu stress air (kedondong), bahkan tidak bisa dilakukan dan harus menunggu sampai umur tertentu tanaman mau berbunga seperti durian, nangka, rambutan, dll.

Tahapan Pelaksanaan Stress Air pada Tabulampot Jeruk

  • Umur tabulampot minimal 1-2 tahun yang sedang dorman.
  • Dibiarkan tidak disiram selama 3-5 hari, sampai daunnya layu semi permanen. Bila pada musim hujan stress air dilakukan dengan cara menyungkup pot dengan plastik agar tanaman tidak kehujanan, setelah terjadi layu semi permanen sungkup plastik dilepas, kemudian dilakukan penyiraman.
  • Memupuk tanaman dengan takaran 40-50 gram pupuk NPK (16:16:16) dicampur urea 25 gram untuk ukuran pot berdiameter 45-50 cm, kemudian disiram air sampai cukup lembab.
  • Setelah 10-15 hari (sejak stress air) tunas yang muncul akan disertai munculnya bunga.

Simak juga :

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here