Sarana & Prasarana Pupuk & Pestisida Memanfaatkan Baking Soda Sebagai Fungisida, Insektisida, dan Herbisida

Memanfaatkan Baking Soda Sebagai Fungisida, Insektisida, dan Herbisida

0
Bagikan

Kabartani.com РBaking soda memiliki banyak kegunaan, selain biasa dipakai dalam dunia kuliner, dalam pertanian baking soda bisa dimanfaatkan sebagai fungisida, insektisida, dan Herbisida.

Penggunaan baking soda dalam mengatasi masalah-masalah dalam berkebun juga sudah banyak diketahui. Berikut ini beberapa tips yang diambil dari situs plantcaretoday.com tentang memanfaatkan baking soda.

Lenyapkan hama siput dari kebun dengan menaburkan baking soda. Siput akan mengering dan mati.

Fungisida Non-Toxic

Campur dan larutkan 1 sdt baking soda dengan 1 liter air. Semprotkan pada bagian tanaman yang kehitaman terkena serangan jamur, contohnya jenis fungi pada batang mawar dan anggur.

Mengatasi dan Mencegah Jamur Tepung

Jamur tepung atau powdery mildew sering menyerang daun pada tanaman impatient, lilac, ketimun, zuccini, melon, labu.

Campurkan: 1 sdt baking soda + 1 liter air + 1 sdm minyak nabati + 1 sdm sabun cuci piring. Aduk rata lalu semprotkan pada sore hari. Untuk pencegahan, lakukan seminggu sekali.

Mengusir Serangga Pengganggu: Semut, Rayap, Agas, Thrip

Campurkan: 1 sdt bakingsoda + 1 liter air + 1 sdt sabun cuci piring. Aduk rata lalu semprotkan pada daun atau permukaan media tanam yang disukai serangga-serangga tersebut.

Atau dengan mencampurkan gula halus dengan baking soda lalu taburkan sesendok di area yang ada semutnya. Gula halus akan menjadi penggoda semut untuk datang kembali. Begitu dimakan, kandungan baking soda akan langsung membunuh si semut-semut nakal.

Insektisida: Ulat pada Kol/Kubis, Brokoli, Kale

Ulat sering menyelinap di tanaman sayuran seperti keluarga kol, kale, atau brokoli. Ketimbang menggunakan pestisida kimia yang mahal, Anda bisa menggunakan baking soda, caranya yaitu campurkan tepung terigu dan baking soda dengan perbandingan 1:1, taburkan halus pada bagian tanaman yg diserang ulat. Ulat akan memakannya lalu mati dalam 1-2 hari.

Herbisida: Membunuh Gulma dan Lumut

Taburkan bubuk baking soda pada gulma dan lumut yang tidak diinginkan. Maka dalam beberapa hari gulma tau rumput tersebut akan mati dengan sendirinya.

Untuk Anda yang suka membuat kompos dari sampah basah, masukkan baking soda ke dalam wadah kompos Anda untuk mengurangi baunya.

Simak juga Cara Membuat Herbisida / Racun Rumput GUS BenSol (Garam, Urea, Sabun serbuk, Bensin dan Solar)

Demikian informasi mengenai Memanfaatkan Baking Soda Sebagai Fungisida, Insektisida, dan Herbisida. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here