Memanfaatkan Sukun Menjadi Tepung (Cara Membuat Tepung Sukun)

Memanfaatkan Sukun Menjadi Tepung (Cara Membuat Tepung Sukun)

0
SHARE

KabarTani.com – Sukun memiliki nilai gizi yang sama dengan beras, sehingga dapat dikembangkan menjadi sumber pangan alternatif. Mengingat kandungan fosfor dan energinya tidak berbeda dengan beras. Selain itu sukun memiliki keunggulan nilai gizi dibandingkan ubi kayu maupun ubi jalar.

Sukun mengandung karbohidrat yang tinggi dan kaya akan mineral dan vitamin. Setiap 100 gram sukun mengandung 27,12 persen karbohidrat, lemak 1,48 persen, protein 1,65 persen, energi sebanyak 108 kalori, serta asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Fosfor yang terkandung dalam sukun juga memiliki peran penting dalam pembentukan komponen sel yang esensial, berperan dalam pelepasan energi, karbohidrat dan lemak serta mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengolah sukun menjadi berbaga macam cemilan diantaranya sukun rebus, sukun goreng, keripik sukun, dan lainnya sebagainya. Sukun yang baru dipetik mudah busuk, sehingga pengolahan yang cukup efektif adalah dengan menjadikannya tepung.

“Kesulitan pembuatan tepung ini adalah getah sukun yang mengakibatkan rasanya agak getir. Untuk menghilangkan getahnya, umumnya dilakukan perendaman dengan starter asam laktat,” kata Sri Widowati, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian.

Bagaimana Mengolah Sukun Menjadi Tepung?

  • Siapkan sukun yang sudah tua namun masih mengkal, biasanya 7 sampai 10 hari menjelang petik optimal, dengan begitu akan didapatkan kualitas tepung sukun yang bagus dengan rendemen tepung tinggi.
  • Kupas kulit buah sukun dan iris menjadi ukuran kecil.
  • Cuci bersih dan dikukus selama kurang lebih 10-15 menit. Tujuannya adalah menghindarkan warna cokelat pada buah sukun yang mempengaruhi kualitas tepung sukun.
  • Potongan sukun kemudian dijemur di bawah terik matahari sampai benar benar kering. Umumnya membutuhkan waktu 3 hari bila matahari sedang terik teriknya.
    Potongan sukun kering tadi selanjutnya ditumbuk menggunakan alat tumbuk yang bersih.
  • Selanjutnya tepung sukun diayak sehingga menghasilkan tepung yang halus.
  • Jemur tepung sukun sampai kering benar dengan warna putih.
  • Setelah itu tepung sukun dikemas ke dalam kantong plastik atau dimasukkan dalam toples bersih dengan tutup rapat.

Tepung sukun dalam kemasan rapat dapat bertahan hingga 9 bulan. Rendemen atau kadar pati tepung sukun berbeda-beda antara 17 sampai 24,4 % menurut tua mudanya buah sukun dan tekhnik atau cara membuat tepung sukun yang digunakan.

Simak juga Membuat Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dari Bawang Merah

“Aneka olahan pangan yang terbuat dari tepung sukun yakni beragam bihun atau mie sukun, egg roll, aneka kue, bubur instan, dan masih banyak lagi,” ujar profesor riset tersebut.