Membuat Amofer Jerami Untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Jerami

Membuat Amofer Jerami Untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Jerami

0
Bagikan
Membuat Amofer Jerami Untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Jerami

Kabartani.comMembuat Amofer Jerami Untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Jerami. Amofer adalah singkatan dari amoniasi dan fermentasi. Bahan yang biasa dimanfaatkan dalam pembuatan amofer yaitu jerami padi. Amoniasi dan fermentasi jerami padi merupakan perpaduan teknologi antara teknik amoniasi dan teknik fermantasi yang bisa meningkatkan kadar protein dan daya cerna.

Amoniasi dan fermentasi jerami padi merupakan suatu metode pengolahan jerami yang dapat memecah ikatan selulosa, lignin, dan hemiselulosa sehingga jerami lebih mudah untuk dicerna oleh hewan ruminansia seperti sapi, domba, kambing, dll.

Amoniasi dapat meningkatkan kualitas gizi jerami agar dapat bermanfaat bagi hewan ternak. Proses ini dapat menambah kadar protein kasar dalam jerami. Kadar protein kasar diperoleh dari amonia yang terdapat dalam urea.

Simak juga Membuat Jerami Fermentasi Sebagai Pakan Kambing Dan Domba

Dijelaskan lebih lanjut bahwa amonia berperan memuaikan serat selulosa. Pemuaian selulosa akan memudahkan penetrasi enzim selulase dan peresapan nitrogen, sehingga meningkatkan kandungan protein kasar jerami.

Jerami yang telah diamoniasi memiliki nilai energi yang lebih besar dibandingkan jerami yang tidak diamoniasi. Sebab kandungan senyawa karbohidrat yang sederhana menjadi lebih besar. Amoniasi juga sangat efektif untuk membebaskan jerami dari kontaminasi mikroorganisme dan menghilangkan aflatoksin yang ada di dalamnya.

Simak juga Pemanfaatan Jerami Sebagai Mulsa Organik Pada Budidaya Cabai

Dengan adanya penerapan teknologi Amoniasi dan Fermentasi (Amofer) maka jerami padi akan meningkat kualitasnya. Hal ini menyebabkan Pertambahan Bobot Badan (PBB) sapi bisa meningkat dari sebelumnya, sehingga keuntungan peternak meningkat (Hartono, 2010).

Apa saja yang diperlukan dalam membuat amofer jerami itu?

Bahan :

  • Jerami Padi sebanyak 20 kg,
  • Molasses (tetes tebu) sebanyak 120 ml (6 lt/1000 kg)
  • EM-4 sebanyak 80 ml atau 8 tutup botol (4 lt/1000 kg)

Alat :

  • Timbangan berdiri untuk menimbang jerami padi
  • Ember untuk mencampur EM-4 dan molasses
  • Gelas ukur untuk mengukur molasses
  • Drum (silo) untuk tempat fermentasi

Cara membuat :

  1. Menimbang semua bahan sesuai dengan ukuran yang ditentukan, yaitu jerami 30 kg, molasses 120 ml dan EM-4 sebanyak 80 ml.
  2. Menghamparkan jerami di atas lantai yang bersih.
  3. Mencampurkan molasses dan EM-4, kemudian memercikkan pada jerami padi secara merata.
  4. Menambahkan air sampai tingkat kebasahan jerami sesuai untuk di fermentasi (tidak terlalu kering atau terlalu basah).
  5. Mengaduk/mencampurkan semua bahan secara merata dengan membolak-balikkan jerami.
  6. Memasukkan campuran jerami, molasses dan EM-4 kedalam silo, dengan cara sedikit demi sedikit dan di padatkan (di injak-injak).
  7. Mendiamkan selama 3 minggu untuk proses fermentasi.
  8. Amofer siap diberikan kepada ternak.

Simak juga Cara Meningkatkan Rasa dan Nutrien Jerami Sebagai Pakan Ternak

Demikian informasi mengenai bagaimana cara Membuat Amofer Jerami Untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Jerami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Referensi: Hartanto, Rudy dan Sutrisno, Sutrisno. 2005. Teknologi Amoniasi-Fermentasi (Amofer) Jerami Padi Untuk Mengatasi Kekurangan Pakan Berkualitas Saat Musim Kemarau Di Desa Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN