SHARE

KABARTANI.comMembuat Kecambah Kedelai. Kecambah kedelai merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Jika Sobat tani punya waktu luang, mungkin bisa mencoba membuat Kecambah Kedelai, selain untuk dikonsumsi sendiri, juga bisa dijadikan alternatif usaha anda. Proses pembuatannya sangat mudah, memproduksi kecambah kedelai ini penghasilannya cukup besar.

1 kg kedelai itu bisa menjadi 2.5 kg sampai 3.5 kg kecambah kedelai dengan kualitas kedelai super (hasil produksi tergantung kualitas bibitnya). Kalkulasinya jika harga kedelai Rp 7.000/kg, maka anda bisa mendapat keuntungan kurang lebih Rp 8.000 sampai Rp 14.000/kg kedelai, dengan harga kecambah kedelai Rp.6000,00/kg. Keuntungan yang cukup menggiurkan bukan?

Ketika biji tumbuh, lebih banyak vitamin dan mineral yang dihasilkan, bahkan menjadikannya lebih sehat dibandingkan saat masih berupa butiran kedelai.

Kedelai yang digunakan untuk ditumbuhkan yakni yang berkualitas. Kedelai biasa tidak akan tumbuh dengan mudah, kedelai biasa digunakan untuk membuat tempe, tahu dan susu kedelai.

Secara tradisional cara yang digunakan untuk membuat kecambah kedelai yakni dengan menyiapkan mangkuk yanga ada lubang-lubang kecil di bagian bawahnya, berfungsi agar air mengalir keluar. Basahi kedelai dengan air, kemudian kain hitam diletakkan di atas untuk menjaga jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Bagaimana cara membuatnya? berikut ulasan lengkapnya.

Bahan-bahan

  • 1 cangkir kedelai untuk ditumbuhkan (6 ½ ons: 180 gram)
  • Air
  • Wadah (mangkuk)
  • Kain (serbet)
  • Baskom

Cara Membuat

1. Cuci kedelai dengan air dingin, buanglah kedelai yang busuk atau kedelai yang rusak dan rendam selama 24 jam,

rendam-kedelai-kabartani

2. Setelah itu tiriskan, tempatkan pada wadah (mangkuk) yang dibagian bawahnya memiliki lubang-lubang kecil.

kedelai-taruh-dibaskom-kabartani

3. Tuangkan air pada kedelai tersebut, sedikit demi sedikit, sampai semua biji kedelai basah merata.

4. Lalu tutupi dengan kain untuk mencegah cahaya masuk. Jika terlalu banyak cahaya masuk, kacang akan berubah menjadi hijau bukan warna kuning yang bagus.

tutupi-kedelai-dengan-kain-kabartan-comi

5. Lakukan penyiraman setiap 3-4 jam selama 4 sampai 6 hari sampai kacang tumbuh sekitar 4 inci. Setelah empat hari kecambah kedelai sudah bisa dipanen.

kecambah-kedelai-kabartani

6. Bilas kecambah beberapa kali dan tiriskan. Kecambah kedelai pun siap diolah, agar lebih segar dan awet simpanlah di dalam lemari es.

Tips
Semakin sering kecambah disiram, semakin cepat pula pertumbuhannya dan semakin gemuk kecambah yang dihasilkan.

Simak juga Good Agricultural Practices (GAP) Budidaya Padi Jajar Legowo Super.

Demikianlah informasi Membuat Kecambah Kedelai, 4 Hari Sudah Bisa Panen, semoga bisa sobat tani terapkan dirumah. Terima terima kasih.