Cara Membuat MOL Bonggol Pisang

Cara Membuat MOL Bonggol Pisang

0
Bagikan
Membuat MOL Bonggol Pisang (Foto Nadhifa Husna)

Kabartani.com – Berbicara tentang Mikro Organisme Lokal atau yang biasa disebut MOL ini sangat beragam, baik dari bahannya maupun cara pembuatannya. Sebenarnya ada 3 bahan utama dalam pembuatan MOL yang harus dipenuhi yakni Glukosa, Karbohidrat dan Bakteri (seperti Rhizobium sp, Azospirillium sp, Azotobacter sp, Pseudomonas sp, Bacillus sp maupun bakteri pelarut phospat).

Dari berbagai jenis bakteri atau mikroorganisme lokal itu yang paling banyak digunakan yaitu Rhizobium sp. Dan salah satu bahan alami terbaik untuk membuat MOL yakni Bonggol Pisang.

Menurut beberapa sumber, dalam MOL bonggol pisang tersebut juga mengandung 7 mikroorganisme yang sangat berguna bagi tanaman yaitu: Azospirillium, Azotobacter, Bacillus, Aeromonas, Aspergillus, mikroba pelarut phospat dan mikroba selulotik.

Selain itu dalam mol bonggol pisang juga mengandung Zat Pengatur Tumbuh Giberellin dan Sitokinin. Tidak hanya itu MOL bonggol pisang juga tetap bisa digunakan untuk dekomposer atau mempercepat proses pengomposan.

Simak juga Cara Mudah Membuat MOL dari Nasi Basi

Sebenarnya yang bisa dibuat mol bukan hanya bonggol pisang saja tetapi batangnya pun bisa digunakan sebagai bahan pembuatan MOL, tetapi kalau MOL batang pisang manfaatnya tidak sebaik bonggol pisang. Dalam mol batang pisang lebih banyak mengandung unsur hara P atau phospat sehingga banyak digunakan sebagai penambah nutrisi tanaman saja.

Oke, mari langsung saja kita bahas bagaimana pembuatan MOL bonggol pisng ini, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 5 kg bonggol pisang
  • 1 kg gula merah
  • 10 liter air beras.

Cara Pembuatan:

  1. Bonggol pisang dipotong kecil-kecil lalu dihaluskan (ditumbuk).
  2. Iris-iris gula merah lalu masukkan dalam air cucian beras dan aduk-aduk hingga terlarut.
  3. Campurkan air cucian beras yang sudah ada gulanya tadi ke dalam bonggol pisang.
  4. Simpanlah didalam drum/tong plastik.
  5. Tutup dengan plastik, beri lubang udara dengan cara memasukan selang plastik yang dihubungkan dengan botol bekas air mineral yang sudah diisi air.
  6. Diamkan selama 15 hari.
MOL Bonggol Pisang (Foto by Nadhifa Husna)
MOL Bonggol Pisang (Foto by Nadhifa Husna)

Cara Penggunaan:

Pengomposan: dapat digunakan sebagai dekomposer dengan konsentrasi 1:5 (artinya 1 liter cairan MOL dicampur dengan 5 liter air tawar), tambahkan gula merah 1 ons dan aduk hingga rata, siramkan pada saat proses pembuatan kompos.

Penggunaan pada tanaman: semprotkan pada berbagai jenis tanaman dengan konsentrasi 400 cc dicampur dengan 14 liter air tawar. Pada tanaman padi, sejak fase vegetatif hingga generatif pasca tanam yaitu hari ke 10, 20, 30 dan 40 Semprotkan pada pagi/sore hari, hindari penyemprotan pada siang hari.

Selain Mol Bonggol Pisang, anda bisa membuat MOL dari daun gamal.

Demikian informasi bagaimana cara Membuat MOL Bonggol Pisang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN