Membuat Pestisida Organik Dari Tembakau, Daun Pepaya dan Puntung Rokok

Membuat Pestisida Organik Dari Tembakau, Daun Pepaya dan Puntung Rokok

0
Bagikan
Pestisida Organik Tembakau, Daun Pepaya dan Puntung Rokok

Kabartani.com – Saat ini banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat pestisida organik. Semua bahan alam juga tersedia melimpah dan murah harganya, sehingga tak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya.

Tips membuat pestisida organik kali ini hasil pengalaman dari Bapak Tibyanul Amili, yang merupakan seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di desa kami. Beliau memanfaatkan tembakau, daun pepaya dan puntung rokok untuk dibuat pestisida organik.

Ramuan pestisida organik ini bisa untuk mengatasi keriting daun pada tanaman cabai, mengatasi masalah serangga, baik yang berada pada daun maupun yang bersarang di media tanam di dalam karung, dan juga dapat membunuh virus, bakteri, dan jamur yang tidak menguntungkan.

Simak juga Penggunaan Pestisida Berlebihan Picu Ledakan WBC (Wereng Batang Coklat)

Berikut ini Cara Membuat Pestisida Organik Tembakau Daun Pepaya Puntung Rokok:

Bahan-bahan:

  • Siapkan beberapa puntung rokok (gunakan saja yang ada di asbak) sertakan juga abunya,
  • Daun Tembakau,
  • Daun pepaya sebanyak 2 lembar yang besar,
  • 4 liter air

Cara membuat:

1. Masukkan puntung rokok beserta abunya ke dalam air 4 liter kemudian diremas supaya mudah larut. Masukkan juga tembakaunya.

2. Blender atau remas-remas daun pepaya dan masukkan ke dalam air. Lebih baik diblender karena sari daun pepaya akan mudah larut ketimbang hanya diremas-remas saja.

2. Setelah semua bahan masuk ke air, remas-remas agar mudah larut sari nya. Selanjutnya ditutup dan biarkan semalaman, besoknya sudah bisa digunakan.

Cara penggunaan:

Cara penggunaanya sangat mudah, saring airnya, ambil seperlunya masukkan ke dalam tangki semprot, tambahkan air bersih dengan perbandingan 2:1. Larutan pestisida organik siap disemprotkan ke tanaman atau cabe yang daunnya keriting.

Catatan:
Karena ini adalah pestisida ramuan sendiri, maka takaran penggunaannya tidak ada standarnya.

Jika dalam 2 hari setelah penyemprotan, tanaman menguning, maka segera siram dengan air bersih sebanyak mungkin agar pengaruh dari larutan tersebut segera hilang. Karena air larutan tembakau sangat keras, bahkan semut saja dapat mati dalam 10 detik ketika terkena larutan ini.

Simak juga Balittas Kembangkan Pestisida Nabati Dari Asap Tembakau Cair

Demikian informasi bagaimana Cara Membuat Pestisida Organik dari daun Tembakau, daun Pepaya dan Puntung Rokok. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN