Membuat Ramuan Untuk Mengendalikan Hama Kutu Daun, wereng, Nyamuk, Dan Tikus

Membuat Ramuan Untuk Mengendalikan Hama Kutu Daun, wereng, Nyamuk, Dan Tikus

0
SHARE

Kabartani.com – Membuat Ramuan Untuk Mengendalikan Hama Kutu Daun, wereng, Nyamuk, Dan Tikus, Hama – hama tersebut sering kali meresahkan petani, karena hama tersebut dan mempengaruhi hasil panen.

Tanaman yang kita budidaya jika terserang hama tersebut biasanya akan menurun hasil panennya bahkan sampai gagal panen. Untuk mengendalikan hama – hama tersebut tak seharusnya selalu memakai pestisida berbahan kimia, karena pestisida kimia dampak panjangnya dapat merusak kelestarian lingkungan, memang efek yang ditimbulkan oleh pestisida kimia langsung terlihat hasilnya, dengan pestisida kimia hama-hama langsung bisa terkendali akan tetapi dampak panjangnya kelestarian lingkungan akan rusak.

Berikut bahan – bahan yang dibutuhkan dalam membuat ramuan untuk mengendalikan hama – hama seperti yang disebut diatas :

  1. Umbi Gadung sebanyak satu buah ambil gadung yang beratnya kurang lebih 300 gr
  2. Kunyit sebanyak 200 gr
  3. Sereh gunakan 10 batang sereh
  4. Susu sebanyak 1 gelas 200 ml
  5. Minyak Ikan secukupnya

Sebelumnya Gadung, Kunyit, sereh adalah sejenis umbi – umbian, Umbi pada gadung, kunyit dan sereh mengandung racun Dioskorin dan Diosconin dan dengan dicampur dengan susu serta minyak ikan dapat dimanfaatkan untuk dibuat ramuan yang dapat digunakan untuk mencegah hama kutu daun (Aphis sp), wereng, Nyamuk, Dan Tikus. hama – hama ini tidak suka dengan racun Dioskorin dan Diosconin.

Cara membuatnya bahan tersebut diatas seperti gadung, sereh, dan kunyit dihaluskan menjadi satu kemudian diperas tambahkan sedikit air, air tersebut berguna untuk membantu proses pemerasan agar sari – sari yang ada pada gadung, sereh, dan kunyit mudah terperas, setelah kita dapatkan air perasan tersebut, kemudian kita campur dengan susu dan minyak ikan menjadi satu. Dengan demikian ramuan sudah jadi dan siap untuk diaplikasikan ketanaman yang sedang terserang hama yang disebut diatas.

Baca Juga :

Untuk mengaplikasikan ramuan ini dengan menggunakan spray, ramuan yang sudah jadi tersebut ditambahkan air sebanyak dua liter kemudian diplikasikan ketanaman yang baru terserang hama dengan menggunakan alat penyemprot atau spray.