Membuat Sendiri Benih Pepaya California Berkualitas dengan Cara Kawin Silang Terpilih

Membuat Sendiri Benih Pepaya California Berkualitas dengan Cara Kawin Silang Terpilih

0
SHARE

KABARTANI.COM – Bagi sobat tani yang ingin membudidayakan pepaya khususnya pepaya jenis california agar berhasil, tentunya juga harus memilih benih pepaya yang berkualitas. Karena benih pepaya yang berkualitas akan menghasilkan buah pepaya yang berkualitas pula. Untuk memperoleh benih pepaya california, tentunya carilah di toko pertanian di daerah anda, atau memperolehnya dari sesama petani, supplier benih, atau toko online yang menjual benih pepaya california ini.

Namun, jika sebelumnya anda sudah pernah membudidayakan pepaya california, membuat benih sendiri untuk mendapatkan benih pepaya california yang berkualitas, dapat dilakukan penyerbukan buatan dengan cara kawin silang terpilih.

Perlu diperhatikan juga, untuk persilangan tanaman induk, dilakukan antara tanaman yang keduanya berbunga sempurna. Ini bertujuan agar tanaman yang dihasilkan berbunga sempurna pula (tipe elongata). Hasil silang ini persentase berhasilnya 2/3 dari total biji yang dikecambahkan.

Lalu bagaimana cara melakukan kawin silang terpilih? sebagai berikut.

  • Pilih pohon pepaya yang berbunga terus-menerus, serta bunganya yang elongata dan hampir mekar.
  • Bungkuslah bunga dengan kantung plastik, ini bertujuan agar bunga tidak diserbuki oleh bunga lain secara alami.
  • Setelah bunga mekar, lakukan penyerbukan buatan dengan bunga jantan terpilih dengan cara dioles putar bagian atasnya.
  • Penyerbukan buatan ini akan menghasilkan keturunan yang elongata dengan perbandingan 1 : 2. Bunga elongata yang diserbuki oleh bunga jantan akan menghasilkan benih jantan, betina, dan sempurna (hermaprodit) dalam jumlah sama.
  • Setelah buah pepaya matang sempurna, petiklah dan dipotong 1/3 bagian di pangkal buah. Biji 2/3 bagian buah sampai ke ujung layak dipakai untuk benih.
  • Belah buah pepaya secara melintang menjadi dua bagian, lalu keluarkan bijinya dan cuci sampai bersih dari selaput yang menyelimuti biji.
  • Selanjutnya, biji dikering-anginkan agar pertumbuhan biji cepat dan seragam, jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, karena dapat membuat biji jadi pecah.

Setelah melalui proses itu benih pepaya california berkualitas pun sudah siap untuk ditanam. Itulah informasi bagaimana Membuat Sendiri Benih Pepaya California Berkualitas dengan Cara Kawin Silang Terpilih. Semoa informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia kabartani. Terima kasih sudah berkunjung.