Peternakan Hewan Ternak Membuat Sendiri Susu Jolong, Susu Pengganti Untuk Anak Kambing

Membuat Sendiri Susu Jolong, Susu Pengganti Untuk Anak Kambing

0
Bagikan

Kabartani.com – Produksi susu induk kambing biasanya terbatas, sehingga tidak mencukupi untuk menyapih anaknya selama 3­4 pekan. Oleh karena itu diperlukan susu pengganti agar pertumbuhan anak kambing tidak terganggu.

Dengan membuat sendiri susu pengganti induk ternak kambing maupun sapi, apabila produksi susu induk sedang tidak maksimal maka kebutuhan vitamin bagi anak kambing maupun sapi bisa terus disuplai.

Resep susu pengganti ini juga bisa diberikan untuk ternak ayam dan bebek untuk memacu pertumbuhan pada masa bibit dan dapat digunakan sebagai campuran pakan untuk meningkatkan kualitas pakan ternak.

CARA MEMBUAT SUSU PENGGANTI INDUK

Bahan yang diperlukan :

  • Air susu sapi (bisa dalam bentuk susu bubuk),
  • Minyak ikan,
  • Telur ayam,
  • Gula pasir

Peralatan :

  • Sendok,
  • Dot susu,
  • Gelas

Petunjuk teknis :

Cara membuat susu jolong (apabila induk mati atau anak domba lahir > 2 ekor). Pada hari pertama dan kedua : campurkan secara merata 0,25 – 0,5 liter susu sapi, susu bubuk, atau susu kambing, tambahkan minyak ikan, 1 butir telur ayam dan setengah sendok makan gula pasir. Aduk hingga merata dan berikan 200-300 cc/hari.

Cara pemberian susu jolong adalah dengan botol susu (dot bayi manusia). Berikan langsung secara disusukan 3-4 kali dengan letak botol lebih tinggi dari anak domba.

Susu buatan dibuat dari 3-4 sendok makan susu bubuk (susu skim), 250-300 cc air matang hangat, tambahkan mentega dan 1/2 sensok makan gula pasir. Aduk hingga merata dan berikan untuk satu hari.

Pemberian dengan botol sampai umur 2 bulan, setelah umur 1 bulan, berikan makanan pakan hijauan dan konsentrat sesuai kebutuhan.

Simak juga Stick Test Kit, Alat Uji Sederhana Pendeteksi Mikroba Pada Susu Segar

Demikian informasi mengenai Membuat Sendiri Susu Jolong, Susu Pengganti Untuk Anak Kambing. Semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Kritik dan saran hubungi kami di redaksi.kabartani@gmail.com. Terima kasih.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here