Membuat Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dari Bawang Merah

Membuat Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dari Bawang Merah

0
SHARE

KABARTANI.comMembuat Zat Pengatur Tumbuh ZPT dari Bawang Merah. Bawang merah bisa anda manfaatkan untuk membuat zpt (perangsang pertumbuhan) yang alami untuk merangsang akar atau mempercepat perkecambahan pada biji.

Sebenarnya setiap tanaman memiliki hormon pertumbuhannya sendiri, tapi masih dalam jumlah yang sedikit. Oleh karena itu diperlukan zpt tambahan agar tanaman tumbuh dengan cepat dan tentunya cepat berbuah pula.

Simak juga : Tips Memilih Bibit Bawang Merah Dengan Baik Dan Benar

Pada umumnya zpt yang dibuat dari bahan alami tidak dapat tahan lama, jadi mudah membusuk. Sebaiknya digunakan segera setelah pembuatan. Sebab jika sudah busuk tidak bisa digunakan lagi. Agar lebih awet simpanlah pada lemari es.

Cara Pembuatannya :

  • Siapkan 10  siung bawang merah (tergantung kebutuhan),
  • Haluskan dengan cara diblender maupun diulek, tabahkan 1 liter air bersih, aduk hingga merata,
  • Kemudian disaring untuk menghilangkan ampasnya

Jika ditambah dengan bawang putih dengan jumlah yg sama, bisa sebagai fungisida organik dan pengusir hama.

Cara Penggunaanya :

1. Penyemaian Benih

Terlebih dahulu benih direndam dalam 100 cc larutan air bawang dengan 1 liter air hangat selama 3-5 jam. Lalu tiriskan, dan benih pun siap untuk disemai.

2. Penyetekan (Stek batang)

Rendam bagian batang yang distek ke dalam 1 liter air bersih yang telah di campur dengan 200 cc larutan bawang merah selama kurang lebih 3-5 jam. Kemudian tiriskan, lalu ditanam.

3. Pencangkokan

Oleskan larutan air bawang ( dengan perbandingan 1 ltr air bersih + 200 cc larutan bawang merah ) pada bagian batang yang dicangkok, kemudian dibungkus dengan media tanah atau sabut kelapa.

4. Bibit Tanaman

Ketika proses pemindahan bibit tanaman dengan cara dicabut sering menmbulkan kerusakan pada akar. Untuk merangsang pertumbuhan akar baru diperlukan zpt. Caranya dengan merendam bibit tanaman dalam 1 liter air bersih yang dicampur dengan 100 cc larutan bawang merah selama 10 menit.

Simak juga : Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

Demikian informasi mengenai bagaimana Membuat Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dari Bawang Merah. Semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.