Membudidayakan Strawberry Di Daerah Panas

Membudidayakan Strawberry Di Daerah Panas

1
SHARE

KABARTANI.COM-Strawberry merupakan tanaman buah yang hidup di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu udara yang sangat sejuk. Sebagian orang mungkin menganggap kalau buah ini sulit dan hampir tidak bisa dibudidayakan di daerah panas. Tapi dengan cara berikut ini Strawberry bisa dikembangkan di daerah panas.

  1. Lakukan Adaptasi Bibit

Strawberry sejatinya tanaman yang hidup didaerah yang sejuk dan dingin maka sebelum kita menanam tanaman ini di daerah yang panas kita harus melakukan adaptasi bibit terhadap lingkungan sekitar.

Caranya yang pertama dilakukan pemindahan bibit dari daerah yang dingin ke daerah yang panas dilakukan pada malam hari. Kemudian bibit dimasukan ke dalam ruangan yang ber-AC selama 3-5 hari. Setiap harinya usahakan suhu ruangan dinaikan sedikit demi sedikit dan pada hari terakhir suhu ruangan sudah sama dengan suhu normal.

  1. Menggunakan Media Tanam Organik

Strawberry hidup di daerah yang sangat subur dengan kandungan organic yang tinggi, maka saat kita berusaha membudidayakan tanaman ini kita hendaknya juga menyiapkan media tanam yang organic juga.

Media tanam Strawberry berupa campuran sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1, media kita diamkan selama 3 hari dengan rutin setiap hari disirami.

  1. Penyiraman Dilakukan 2 X Sehari

Tanaman Strawberry yang kita tanam dilakukan penyiraman dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari hal ini di maksudkan agar lingkungan pemeliharaan Strawberry yang kita buat mendekati habitat aslinya. Setiap minggu sekali tanaman Strawberry disiram menggunakan Pupuk Organik Cair. Penyiraman hanya dilakukan secukupnya jangan sampai media tanam terlalu basah,

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Karena daerah panas bukan merupakan habitat asli strawberry maka tanaman inimenjadi sangat rentan akan gangguan hama dan penyakit. Hama yang biasa menyerang contohnya mealibug, belalang, thrips, dan kutu kuning yang bisa dikendalikan dengan curacron berdosis 1-2 ml/L. Sementara untuk penyakit yang sering menyerangnya meliputi busuk akar dan busuk daun yang bisa diatasi dengan mengurangi intensitas penyiraman tanaman dan menghilangkan bagian-bagian tanaman yang berpenyakit.

  1. Bungkus Bakal Buah Stroberi

Memasuki masa-masa generative yakni pada usia 2-3 bulan tanaman strawberry mulai menghasilkan bakal buah. Agar bakal buah tersebut dapat berkembang dan menjadi buah yang sempurna kita harus membungkusnya dengan menggunakan plastic hitam.

Pembungkusan ini bertujuan untuk mencegah kerusakan bakal buah akibat paparan sinar matahari dan untuk mengurangi penguapan.