Berita Ingin Memperoleh Benih Padi IPB 3S? Ini Tempatnya

    Ingin Memperoleh Benih Padi IPB 3S? Ini Tempatnya

    0
    Bagikan

    Kabartani.com – Pada panen padi varietas unggul IPB 3S hasil pengembangan para peneliti IPB di Karawang, Jawa Barat, pada tahun 2015. Varietas padi IPB 3S mampu menghasilkan produksi mencapai 8,5 ton/ha gabah kering giling (GKG).

    Simak juga Totok, Peneliti yang Berhasil Temukan Benih Padi Gogo Unggul

    Tak sedikit pula petani yang tertarik menangkar benih IPB 3S ini, tak hanya di daerah Jawa Barat saja, namun hingga ke luar pulau Jawa.

    Untuk mendapatkan benih ini tidaklah terlalu sulit, benih ini mulai banyak dicari petani. Para petani bisa memperoleh benih ini di pusat-pusat penangkaran benih milik balai benih Kementerian Pertanian.

    “Di Sukamandi ada yang sampaikan ke saya, dia punya stok benih yang ditangkarnya 16 ton. Di Jatim juga sudah banyak. Ada beberapa petani yang sudah punya penangkarannya di sana,” ujar Hajrial Aswidinnoor, pemulia varietas IPB 3S.

    Di lokasi panen yang disaksikan Presiden, kata Hajrial juga ada stok benih 5 ton. “Di Cilamaya, tempat panen yang dihadiri Presiden juga ada stok benih 5 ton,” tambahnya.

    Seluruh hasil panen padi IPB 3S di Kabupaten Karawang pada tahun kemarin memang akan digunakan untuk ditangkar kembali. “Menteri Pertanian bilang, semua panen IPB 3S di Karawang akan dipakai untuk benih. Ada program pemerintah pengembangan penangkaran benih. Ada di 9 provinsi totalnya mencapai 100.000 hektar. Kalau semua pakai IPB 3S paling tidak butuh 3.000 ton benih,” jelas Hajrial.

    Sejak dilepas pada tahun 2012 silam, Hajrial memperoleh respon positif dari hasil penelitiannya. Kualitas yang baik mampu mendongkrak harga jual beras hasil panen padi IPB 3S di pasaran.

    “Banyak yang cerita ke saya kalau harganya bagus. Kata pengusaha penggilingan padi, harganya kira—kira Rp 5.400/kg gabah kering panen (GKP). Selain faktor keunggulan kualitas gabah, kami rasakan betul dampak dari langkah pemerintah menahan untuk tidak mengimpor beras. Itu membantu harga jadi bagus,” terangnya.

    Simak juga Padi Buatan IPB Ini Produktif, Hemat Air, dan ‘Tahan Banting’ Terhadap Tungro

    Petani yang menanam IPB 3S pun senang karena rendemen yang diperoleh lebih tinggi dari padi pada umumnya. IPB 3S rendemennya bisa mencaia 67%.

    Padi ini pun digemari konsumen. “Konsumen bilang lebih enak dibanding Ciherang. Artinya secara rasa bisa diterima,” pungkasnya.

    Loading...

    BERI BALASAN

    Please enter your comment!
    Please enter your name here