Menanam Seledri Dari Bonggolnya Menggunakan Media Tanam Kaleng Bekas

Menanam Seledri Dari Bonggolnya Menggunakan Media Tanam Kaleng Bekas

0
SHARE

KABARTANI.COM – Seledri merupakan salah satu sayuran rendah kalori, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain rendah kalori, seledri juga mengandung fitonutrien yang sangat bermanfaat, vitamin dan mineral. Oleh karenanya, sayuran ini banyak dikonsumsi sebagai makanan diet.

Tak hanya itu saja, seledri juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi nutrisi yang membantu melindungi saluran pencernaan secara keseluruhan, seledri mengandung polisakarida berbasis pektin yang dapat memberikan manfaat khusus bagi perut anda.

Sekarang, mari kita coba berkebun seledri dari bonggolnya dengan media tanam kaleng bekas.

Apa saja yang perlu disiapkan?

1. Bonggol seledri
2. Kaleng bekas
3. Paku
4. Piring/mangkuk
5. Tanah dan pupuk (anda bisa menggunakan pupuk cair organik atau pupuk kompos)

Caranya sangat mudah sekali, pertama:

1. Potong batang seledri dari pangkal seledri.

2. Bilas dan tempatkan dalam posisi tegak pada piring atau mangkuk yang berisi air, kemudian taruhlah dekat jendela atau tempat yang terpapar sinar matahari. Biarkan bonggol seledri selama sekitar 1 minggu. (setiap 2-3 hari ganti airnya dengan air yang bersih)

Bonggol seledri setelah seminggu-kabartani.com3. Sembari menunggu, buatlah media tanamnya yaitu kaleng bekas yang sudah dilubangi kecil-kecil pada bagian bawahnya dengan menggunakan paku (sebagai drainase tanaman).

4. Kemudian masukkan tanah dan pupuknya dengan perbandingan 2:1.

5. Selama seminggu, batang sekitarnya mulai mengering secara signifikan, tapi daun kuning kecil-kecil dari pusat dasar mulai menebal, tumbuh dan keluar dari pusat, dan berubah menjadi hijau gelap. Pertumbuhannya lambat, tapi stabil dan jelas.

4. Setelah 5-7 hari, pindahkan bibit seledri itu kedalam media kaleng bekas yang sudah diisi tanah dan pupuk kompos.

Penanaman bonggol seledri

5. Lakukan penyiraman rutin setiap hari, setelah dipindahkan ke media tanam kaleng bekas tadi.

Pertumbuhan Seledri dari bonggol-Kabartani.com

Beberapa catatan:
Setelah seminggu sejak dipindah ke media kaleng bekas, seledri pun terus tumbuh dengan subur dan lebat.

Seledri pun siap dipanen-Kabartani.com

Itulah sedikit informasi tentang bagaimana Cara Menanam Seledri Dari Bonggolnya Dengan Menggunakan Media Kaleng Bekas, selain kita bisa memanfaatkan limbah dapur khususnya bonggol seledri untuk ditanam kembali secara regenerasi dari bonggolnya, kita juga sudah ikut berperan dalam mengurangi sampah dapur. Terima Kasih.