Menganal Hama yang sering menyerang ternak lele dan cara menanggulanginya

Menganal Hama yang sering menyerang ternak lele dan cara menanggulanginya

0
SHARE

KABARTANI.COM-Mengenal Hama yang sering menyerang Budidaya Ikan Lele Dan Cara Untuk Menanggulanginya.

Dalam budidaya ikan lele, hama merupakan kendala yang bersumber dari organisme besar baik yang bersifat predator, pengganggu dan pesaing.

Hama ikan lele yang bersifat predator seperti musang, linsang,ular,regol, kadang pun kucing juga berperan sebagai predator, adapula katak juga berperan sebagai predator, karena katak sering memakan benih – benih ikan lele yang masih kecil.

kabartani.com-regol

Sedangkan hama ikan lele yang bersifat sebagai pengganggu seperti belut, apabila budidaya ikan lele pada kolam tanah, maka belut seringkali membuat lubang dipematang sehingga menimbulkan kebocoran pada kolam, dengan bocornya kolam terkadang air yang masuk kolam membawa virus dari luar yang bisa membahayakan ikan lele yang masih sehat dikolam.

kabartani.com-belut

Untuk hama ikan lele yang dikategorikan sebagai pesaing seperti ikan gabus dan ikan mujair, pada umumnya ikan gabus dan mujair berkembangbiak dalam kolam melalui saluran air masuk dan keluar.

kabartani.com-ikan-gabus

Beberapa cara untuk menanggulangi hama pada budidaya ikan lele diantaranya memagari pinggiran kolam, memasang saringan pada saluran masuk dan keluar air ke kolam, menutup kolam dengan menggunakan paranet,

salah satu langkah menanggulangi hama yang menyerang ternak ikan lele adalah melakukan ternak ikan lele secara intensif agar kolam relatif terawasi secara terus menerus, dengan demikian gangguan hama jarang terjadi.

Demikianlah pengenalan hama yang sering menyerang ternak lele dan bagaimana cara menanggulanginya, semoga bermanfaat.