Bagikan

Kabartani.com – Berbagai jenis penyakit virus mudah sekali menular, dan banyak diantaranya sangat ditakuti para peternak karena keganasannya. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Penyakit virus mudah sekali menular, baik secara kontak langsung maupun lewat perantara benda-benda lain, misalnya udara, air minum, makanan, dan alat-alat peternakan yang tercemar.

Influensa Unggas (Avian Influenza)

Influensa unggas atau Avian Influenza (AI) atau flu burung adalah penyakit pernafasan menular yang disebabkan oleh virus orthomyxo. Unggas yang terserang oleh penyakit ini menampakkan gejala-gejala gangguan pernafasan, murung, nafsu makan dan minum menurun.

Tidak ada pengobatan yang khusus. Cara tepat adalah dengan pencegahan dini terhadap penularan virus ini. Pencegahan dapat dilakukan dengan sanitasi dan kebersihan kandang yang memadai, pengasingan terhadap unggas yang sakit, serta menghindari perbedaan umur dalam kelompok dapat membantu memperbaiki keadaan. Tindakan vaksinasi dapat dilakukan untuk mencegah terjangkitnya penyakit flu burung.

Infeksi dapat terjadi melalui alat-alat peternakan dan kontak langsung dengan hewan yang terjangkit. Ada dua bentuk influensa yang dikenal, yaitu (1) Bentuk ringan yang mengakibatkan kemurungan, gangguan pernafasan dan diare. (2) Bentuk akut menyebabkan redang kantung hawa dan radang sinus dengan getah radang menkeju. Ayam muda dapat tercekik karena sumbatan getah radang pada saluran pernafasan. Pada ayam bibit, produksi telur dapat menurun secara cepat dan dapat menyebabkan penurunan daya tetas.

Pencegahan dan Pengendalian

Pencegahan dan pengendalian penyakit yang disebabkan oleh virus pada unggas seperti AI (flu burung) juga ND, IB dan lain-lain adalah dengan memutus mata rantai penyebaran virus sedini mungkin, serta melakukan tindakan pengendalian pada area atau daerah yang tertular dengan melakukan kegiatan pembersihan dan penyemprotan di daerah unggas sakit termasuk kandang, peralatan peternakan yang pernah digunakan sebelumnya.

Produk pemutih pakaian yang dijual di pasaran (seperti bayclin, proclin, dll) dapat digunakan sebagai pencampur cairan pembunuh virus, dengan pengenceran 1:10 menggunakan air dapat membunuh virus dalam kurun waktu kurang lebih 5 menit dengan cara menyemprotkan pengenceran pemutih pada kandang yang telah dibersihkan terlebih dahulu serta pada lingkungan sekitar.

Produk pemutih setelah dibuka harus langsung digunakan, apabila tidak tercium bau klorin pada pemutih maka kemungkinan larutan sudah tidak efektif karena 5 menit setelah dibuka akan menguap.

Virus yang dapat dibunuh tidak saja virus flu burung yang memiliki amplop lipo protein, tetapi virus lain yang tidak memiliki amplop protein dapat dibunuh.

Simak juga :

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here