Peternakan Hewan Unggas Mengenal Keunggulan Bebek Gunsi 888 Asli Gunung Sindur

Mengenal Keunggulan Bebek Gunsi 888 Asli Gunung Sindur

0
Bagikan

Kabartani.com – Penikmat kuliner daging bebek kini semakin banyak. Berbagai sajian aneka menu berbahan bebek tersebar dari warung kaki lima hingga kelas resto. Bagi sobat tani yang jeli melihat peluang ini, sesungguhnya kebutuhan akan daging bebek untuk pasar kuliner saat ini sangatlah tinggi.

Sebagai contoh saja, sebuah resto olahan daging bebek terkenal paling tidak menghabiskan bebek 600.000 ekor/bulan. Ada sebuah rumah makan terkenal akan menu andalannya yaitu bebek perhari bisa menghabiskan 100 ekor/cabang, bayangkan jika memiliki banyak cabang, berapa jumlah bebek yang dibutuhkan?

Ini artinya, peluang usaha besar untuk para peternak bebek pedaging dan calon peternak bebek untuk menyalurkan bebek ke warung-warung dan rumah makan yang menyajikan menu andalan bebek.

Permasalahannya, bagaimana menyediakan bebek dalam jumlah banyak dalam waktu yang cukup singkat agar kebutuhan pasar akan daging bebek bisa terpenuhi. Lalu, jenis bebek apa yang bisa tumbuh dengan dengan bobot tertentu, tanpa bau, dan tahan penyakit. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Bebek Gunsi 888.

Bebek Gunsi 888 adalah bebek pedaging hibrida hasil persilangan bebek Peking (pejantan) dengan bebek Khaki Campbell (betina). Jenis bebek ini telah dikembangkan sejak 2012 dan mulai dipasarkan pada 2013. Saat ini, bebek Gunsi 888 mulai banyak diminati para peternak karena pertumbuhannya yang terbilang cepat.

Berikut beberapa keunggulan bebek Gunsi 888.

1. Pertumbuhan cepat

Bebek Gunsi 888 memiliki pertumbuhan lebih cepat dari bebek lokal pada umumnya. Mulai umur 35 hari bebek ini mencapai bobot sekitar 1,4—1,5 kg dan 2,2 kg pada umur pemeliharaan 52 hari.

2. Harga panen stabil, keuntungan mencapai 30%

Harga jual bebek pedaging cenderung stabil dan jarang mengalami fluktuasi. Keuntungan lain, usaha bebek pedaging memberikan laba cukup besar mencapai 30%.

3. Daya tahan tubuh yang tinggi

Bebek Gunsi 888 dikenal dengan daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit. Hal ini menandakan bebek ini memiliki antibodi dari indukan yang baik. Daya tahan tubuh ini juga didukung dari indukan bebek lokal yang memiliki daya adaptasi yang baik.

4. Tekstur dan cita rasa daging

Cita rasa daging bebek Gunsi 888 mudah diterima masyarakat lokal. Hal ini karena rasa daging mirip bebek lokal. Sementara itu, tekstur dagingnya merupakan perpaduan tekstur daging bebek peking dan tekstur bebek lokal.

5. Pemeliharaan tanpa air, minim bau, hemat lahan

Kandang kering, tanpa perluu kolam bermain air atau berenang, inilah ciri tempat pemeliharaan lingkungan bebek hibrida pedaging Gunsi 888. Sementara itu, untuk meminimalisasi becek, tempat air minum diletakkan di luar kandang, untuk mencegah timbulnya bau pada kandang.

Keadaan kandang kering seperti ini memberi kesan kandang lebih bersih, sehingga bebek menjadi jarang terkena penyakit, bau yang dihasilkan kandang minim, dan dapat meminimalisasi protes masyarakat di sekitar peternakan.

Lima keunggulan bebek Gunsi 888 dikutip dari buku “Beternak Bebek Hibrida Gunsi 888 35 Hari Panen.” Dalam buku tersebut dipaparkan cara mempersiapkan budi daya, pemeliharaan harian, cara mengatasi masalah budi daya, serta cara memanen bebek hingga memasarkannya.

Buku yang ditulis oleh Drh. Agustin Polana, seorang praktisi dan lulusan Fakultas Kedokteran Hewan IPB, ini sudah dapat diperoleh di toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, atau toko buku lain terdekat di kota Anda.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here