Mengenal Buah Jaboticaba / Anggur Batang Dan Cara Budidayanya

Mengenal Buah Jaboticaba / Anggur Batang Dan Cara Budidayanya

0
SHARE

KABARTANI.COM-Apakah anda sudah mengenal buah Jaboticaba?? Ya buah unik yang miliki bentuk seperti anggur ini belum banyak dikenal di Negara kita. Di Indonesia buah Jaboticaba ini dijuluki buah anggur batang, hal ini karena buahnya mirip sekali dengan buah anggur tetapi buah ini menempel pada batang tanaman. Pohon buah Jaboticaba tidak merambat layaknya anggur.

Buah Jaboticaba merupakan tanaman yang berasal dari Negara Brasilia, dimana buah ini juga memiliki cita rasa yang berbeda-beda saat masih muda, rasanya bisa menyerupai  jambu biji, leci, manggis, markisa, akan tetapi kalau sudah tua buah Jaboticaba akan memiliki cita rasa manis dan segar.

Syarat Tumbuh:

Buah Jaboticaba ini bisa tumbuh dan berkembang pada daerah yang memiliki ketinggian 0-1000m dpl. Tanaman ini juga memerlukan cahaya matahari yang cukup, untuk jenis tanah tanaman ini hidup di tanah yang gembur dengan pH antara 5,5-6,5.

Pedoman Budidaya:

Tanaman Jaboticaba memiliki Biji polymbryonic dan menghasilkan tanaman baru dekat dengan tanaman induknya. Tunas akan muncul setelah satu bulan.

Pedoman Budidaya

Berbiji polyembryonic, menghasilkan tanaman baru dekat dengan tanaman induk. Biji akan tumbuh menjadi tunas baru setelah 1 bulan. Media tanam berupa 2 bagian pasir kasar dan 1 bagian kompos. Saat penanaman jaboticaba, akar paling atas sebaiknya 2-3 inchi diatas tanah untuk memperbaiki system drainase. Jaboticaba dapat juga diperbanyak secara stek. Jaboticaba stek akan berbuah dalam waktu 3 tahun sedangkan dari biji baru bisa berbuah setelah 8-15 tahun.

Khasiat Buah Jaboticaba:

Kabartani.com-Gambar Buah Jaboticaba
Kabartani.com-Gambar Buah Jaboticaba
  • Rebusan kulit buah Jaboticaba yang telah kering dapat digunakan untuk mengobati asma dan diare, serta obat kumur untuk penderita radang.
  • Antioksida yang tinggi pada buah Jaboticaba bisa mencegah terjadinya kanker.
  • Buah Jaboticaba sering dibuat minuman anggur tanpa alkohol