Mengenal Budidaya Ikan Gurame

Mengenal Budidaya Ikan Gurame

0
SHARE
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kabartani.com-Ikan Gurame termasuk dalam jenis ikan air tawar, ikan gurame yang nama latinnya Osphronemus goramy, banyak dibudidaya karena memiliki harga jual yang relatif tinggi, ikan gurame yang siap dikonsumsi pada umumnya memiliki daging yang padat, dan pada umumnya ikan gurame banyak dipelihara pada kolam – kolam ikan baik yang dasarnya tanah, ataupun yang dasarnya diplester

Akan tetapi alangkah baiknya ikan gurame di budidaya dikolam ikan yang dasarnya dari tanah, dikarena ikan gurame akan cepat tumbuh menjadi besar.

Bisa juga ikan gurame ini dibudidaya pada kolam ikan air mengalir dengan sirkulasi air yang mengalir karena akan membuat gurame tahan terhadap virus dan jamur kulit gurame, atau bisa juga dibudidaya pada jaring yang melayang. ikan gurame juga bisa dipelihara di aquarium sebagai ikan hias.

Ikan gurame ini banyak dikonsumsi dinegara – negara Asia tenggara maupun di negara – negara Asia Tengah. Di Indonesia sendiri khususnya di daerah Cianjur, Jawa Barat ikan gurame biasanya dibudidaya dan dibesarkan sampai ukuran 3-4 kg. Mereka membudidayakannya di kolam-kolam tanah pekarangan mereka. tetapi dengan proses pembesaran seperti itu dianggap tidak ekonomis.

apabila dilakukan secara intensif. Pada umumnya ikan gurame dibesarkan dan dikonsumsi sampai ukuran 0,5-1 kg per ekor.

Ikan Gurame banyak diolah menjadi berbagai macam olahan masakan seperti gurame goreng, gurame bakar,Mangut Gurame, dan masih banyak lagi jenis olahan masakan yang terbuat dari gurame. sedikit gambaran tentang ikan Gurame semoga bermanfaat.