Mengenal Hama Beluk Dan Sundep Pada Tanaman Padi Dan Bagaimana Cara Pengendaliannya

Mengenal Hama Beluk Dan Sundep Pada Tanaman Padi Dan Bagaimana Cara Pengendaliannya

0
SHARE

KABARTANI.COM-Mengenal Hama Sudep Dan Hama Beluk Yang Sering Menyerang Tanaman Padi, pada dasarnya Padi adalah makanan pokok bagi setiap orang, mengingat kebutuhan akan padi yang begitu besar maka harus dilakukan budidaya padi untuk memenuhi kebutuhan akan padi tersebut, dalam setiap budidaya tanaman padi tak lepas dari kendala yang akan dihadapi, termasuk serangan hama dan penyakit.

Dan salah satu hama yang sering meyerang tanaman padi adalah hama sudep dan hama beluk, akibat serangan hama tersebut padi yang kita budidaya akan menghasilkan padi yang kurang optimal.

Mengenai asal mula hama sudep dan hama beluk, kedua hama ini berasal dari kupu – kupu kecil berwarna putih, yang biasanya pada waktu kupu-kupu akan bertelur, kupu-kupu tersebut akan meletakkan telurnya dibalik daun padi yang masih muda, dan setelah telur-telur sersebut menetas maka jadilah hama sundep dan beluk yang berwujut ulat perusak tanaman padi.

Mengenai perbedaan hama sudep dan hama beluk pada tanaman padi, kedua hama tersebut berwujut ulat, tetapi dengan tujuan yang berbeda.

kabartani.com-hama-beluk

Hama Beluk, sejenis ulat perusak tanaman padi dan biasanya menyerang tanaman padi yang sedang bunting, yang akan mengakibatkan pada waktu padi keluar padi akan nampak kering dan tidak berisi.

Untuk mengendalikan hama Beluk caranya dengan disemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif Klorpenapir ( Arjuna 200 ec, Sagripas 250 / 37 sc dll) dan tambahkan score 250 ec.

kabartani.com-hama-sundep

_ Hama Sundep, Hama ini Juga sejenis Ulat Perusak dan biasanya menyerang daun padi yang masih muda, yang mengakibatkan tanaman padi akan menguning dan lama kelamaan tanaman padi akan mati, walaupun kondisi batang bagian bawah masih hidup, dan dapat beranak tetapi tidak dapat menumbuhkan daun.

Untuk mengendalikan hama Sundep adalah dengan disemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif Klorpenapir ( Arjuna 200 ec, Sagripas 250 / 37 sc dll) dan tambahkan score 250 ec.

Demikianlah pengertian hama Beluk dan Sundep yang sering menyerang tanaman padi dan bagaimana cara untuk mengendalikannya.