Mengenal Jenis Virus Yang Sering Menyerang Dalam Budidaya Ikan Lele

Mengenal Jenis Virus Yang Sering Menyerang Dalam Budidaya Ikan Lele

0
SHARE

KABARTANI.com – Mengenal Jenis Virus Yang Sering Menyerang Dalam Budidaya Ikan Lele,,Bagi pembudidaya ikan lele pasti akan merasa resah jika lele yang dibudidaya terserang virus, dan bisa membuat ikan lele yang dibudidaya mati, hal ini pasti banyak ditakuti oleh para budidaya ikan lele.

Terlebih dahulu kita harus selalu mewaspadai ikan lele jika timbul gejala yang tak biasa maka kita harus lakukan pengecekan apakah lele yang kita pelihara sedang terserang virus. Mengenai virus yang sering menyerang ikan lele dalam budidaya ikan lele salah satunganya Virus Channel Catfish atau semacam herpes pada ikan lele.

Biasanya serangan virus Channel catfish atau Virus herpes ini menyerang ikan yang terinfeksi selain itu virus ini juga menyerang ikan yang terlihat lemah.

Ciri-ciri ikan lele yang terserang virus ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Biasanya lele berenang dengan berputar-putar
  • Ikan lele sering muncul vertikal tegak di permukaan air
  • Bagian sirip dan perut ikan lele terjadi pendarahan.

Faktor pemicu yang menyebabkan Virus ini adalah lele fluktuasi suhu air, degradasi kualitas air dan padat penebaran yang tinggi.

Pengendalian Virus Channel catfish atau Virus herpes pada ikan lele,untuk mencegah serangan virus ini adalah dengan cara memperbaiki manajemen budidaya, menjaga kebersihan kolam dan pemberian pakan yang berkualitas.

Cara Mengobati Ikan Lele Yang Telah Terserang Virus Channel catfish atau Virus herpes adalah sebagai berikut :

  • Berikan daun pepaya dan mengkudu ke dalam kolam yang digunakan untuk budidaya lele
  • Lakukan pergantian daun pepaya dan mengkudu tersebut setiap 2 hari 1 kali.
  • Lakukan Pergantian air dalam kolam setiap seminggu 1 kali.
  • Lakukan pergantian air pada kolam cukup 50 % saja.

Baca Juga :

Demikianlah sedikit tentang serangan salah satu virus yang sering menyerang budidaya ikan lele, semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan dan manfaat bagi anda yang gemar budidaya ikan lele.