Mengenal Penyakit Bercak Daun Coklat Pada Tanaman Padi

Mengenal Penyakit Bercak Daun Coklat Pada Tanaman Padi

0
SHARE

Kabartani.com – Mengenal Penyakit Bercak Daun Coklat Pada Tanaman Padi, Padi merupakan komunditi makanan terpenting, yang menempati nomor satu didunia. Kebutuhan pokok atau pangan pertama terletak pada padi, di indonesia sendiri padi adalah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Terbukti tiap hari kita makan nasi dari padi.

Selain itu padi juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dengan kandungan karbohidrat tersebut yang akan menjadi proses pembakaran dalam tubuh kita, dari hasil pembakaran tersebut dapat menimbulkan energi, kebutuhan energi bagi kita adalah untuk melakukan aktifitas.

baca juga :

Untuk mencukupi kebutuhan akan padi ini, maka banyak petani kita yang membudidayakan tanaman padi, dalam budidaya tanaman padi tidak semua dapat berjalan dengan mulus atau lancar, pasti kita akan menjumpai kendala, adapun kendala yang ditimbulkan pada budidaya tanaman padi adalah penyakit yang menyerang daun padi sehingga daun padi dapat timbul bercak Coklat, berikut

Penyebab daun padi menjadi timbul bercak coklat adalah Jamur Helmintosporium oryzae.

Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah :

  • Penyakit ini menyerang bagian tanaman mulai dari pelepah, malai, buah yang baru tumbuh dan bibit yang baru berkecambah.
  • Biji padi timbul berbercak-bercak coklat tetapi tetap berisi
  • Pada padi dewasa biji padi menjadi busuk dan mengering, biji kecambah busuk dan kecambah mati..

Cara mengatasi penyakit ini :

Perkembangan penyakit daun coklat sangat erat hubungannya dengan keadaan unsur hara yang ada didalam tanah khususnya nitrogen, kalium, magnesium, dan mangan. Maka dari itu pilihlah tanaman padi yang bervarietas tahan terhadap hama dan penyakit. Untuk mengendalikan penyakit bercak daun coklat H. oryzae pada tanaman padi gunakan fungisida Rabcide 50 WP.