Perkebunan Mengenal Teknologi dan Pembuatan Kopi Probiotik Luwak

Mengenal Teknologi dan Pembuatan Kopi Probiotik Luwak

0
Bagikan

Kabartani.comKopi luwak merupakan produk kopi yang dihasilkan dari faeces binatang luwak (Paradoxurus hermaphrodirus), setelah binatang tersebut mengonsumsi buah kopi matang. Kopi luwak memiliki cita rasa yang spesifik dan istimewa, karena buah yang dikonsumsi adalah buah matang yang benar-benar terseleksi melalui penciuman luwak sebelum dikeluarkan dalam bentuk biji.

Secara tradisional kopi luwak diperoleh dengan mengumpulkan biji kopi fermentasi yang keluar dari anus luwak liar yang mengonsumsi buah kopi. Biji-biji dikeluarkan dalam bentuk kotoran yang tercecer dibawah pepohonan dimana luwak membuang kotoran.

Dengan makin besarnya permintaan akan kopi luwak maka produsen tidak bisa hanya mengharapkan produksi dari kotoran hewan liar, sehingga kini mulai berkembang usaha budidaya luwak guna memproduksi kopi luwak. Teknik ini akan dapat meningkatkan kapasitas produksi dibanding hanya mengaharapkan dari faeces luwak liar.

Namun dengan budidaya luwak ini menyebabkan harga kopi menjadi mahal karena adanya tambahan input berupa biaya untuk pemeliharaan luwak, yang nilainya tidak kecil. Karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk mencari teknologi alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Salah satu alternatif itu adalah dengan penggunaan mikroba probiotik yang dimiliki oleh binatang luwak. Mikroba probiotik adalah mikroba yang berperan dalam pencernaan makanan yang hidup dalam saluran pencernaan luwak.

Dengan menggunakan mikroba probiotik yang hidup di saluran pencernaan luwak dalam fermentasi dan didukung dengan bahan baku (kopi petik merah) yang terseleksi secara ketat diharapkan akan diperoleh kopi dengan cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan cita rasa kopi luwak asli.

Manfaat Bagi Tubuh

Berdasarkan analisa labaratorium menunjukkan bahwa dengan adanya proses fermentasi dengan mikroba probiotik luwak, baik didalam maupun diluar perut luwak akan terjadi pembentukan beberapa asam organik yang amat bermanfaat bagi tubuh.

Diantara asam organik yang terbentuk adalah asam butirat dan asam laktat. Asam butirat mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh kita, antara lain dapat menekan stres, mencegah kanker usus dan menekan terjadinya peradangan pada saluran pencernaan. Sedangkan asam laktat amat bermanfaat membantu berbagai proses pencernaan.

Potensi Aplikasi

Dalam aplikasinya teknologi produksi kopi luwak probiotik bisa diterapkan dalam skala besar baik pada jenis kopi arabika maupun robusta. Dengan demikian, teknologi ini dapat melibatkan berbagai pihak, baik petani sebagai penyedia bahan baku yang bermutu, pihak swasta/koperasi sebagai pengolah, serta para pengusahan yang bergerak dibidang pemasaran.

Keunggulan

Kopi probiotik adalah kopi dengan cita rasa yang mirip dengan kopi luwak diproduksi melalui proses fermentasi dengan mikroba probiotik yang erdapat saluran pencernaan luwak. Dalam berbagai aspek, kopi probiotik luwak ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Biaya produksi lebih murah dibandingkan dengan penggunaan luwak hidup,
  • Produksi mudah diprogramkan sesuai kebutuhan,
  • Cita rasanya mendekati kopi luwak alam, dimana terdapat aroma spesifik dengan rasa kecut dan manis yang khas pula,
  • Dapat diproduksi dengan cita rasa yang bervariasi sesuai dengan jenis luwak kopinya,
  • Ramah lingkungan (tidak perlu budidaya luwak),
  • Dapat menghilangkan perasaan “jijik” bagi sebagian orang.

Simak juga : Pakuwon Biofertilizer, Pupuk Hayati Pemacu Buah Kopi Masak Serentak

Pada 2011, riset kopi luwak probiotik telah mendapatkan HAKI, dan saat ini telah ada beberapa perusahaan yang berminat memproduksi dengan metode ini dari berbagai wilayah di Indonesia.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here