Mengetahui Jenis Kelamin Itik Master dari Warna Bulu

Mengetahui Jenis Kelamin Itik Master dari Warna Bulu

0
SHARE

Kabartani.com – Bagaimana membedakan Itik Master jantan dan betina? Kali saya akan mengulas cara mengetahui jenis kelamin itik master dari warna bulu. bagaimana caranya? simak ulasan berikut ini.

Itik MASTER merupakan itik hasil persilangan Mojosari (Jantan) dan Alabio (betina). Penelitian yang dilakukan di Balai Penelitian Ternak (Balitnak) tersebut diarahkan pada evaluasi kemampuan produksi berbagai jenis itik lokal.

Hal ini dilakukan agar meningkatnya produktivitas itik lokal, sekaligus untuk menghasilkan bibit itik unggul yang memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan dengan baik.

Simak juga Mengintip Ternak Burung Puyuh “PAK EKO” Bantul, Yogyakarta

Itik MASTER diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berpotensi sebagai bibit niaga penghasil telur dengan sistem terkurung. Keunggulan itik ini, memiliki rataan produksi telur per tahun 265 butir. Puncak produksi telur 94%, 10 – 15% lebih tinggi.

mengetahui-jenis-kelamin-itik-master-dari-warna-bulu-kabartaniUmur pertama bertelur yakni 18 minggu atau 4,5 bulan, 1 bulan lebih awal. Sedangkan masa produksi telur 10 – 12 bulan/siklus, tanpa rontok bulu. Rasio pengunaan pakan (FCR) 3,2 dan tingkat kematian sangat rendah <1%.

Pertumbuhan anak itik jantan lebih cepat sehingga cocok untuk penggemukan sebagai itik potong ukuran sedang.

Warna bulu spesifik dan sangat seragam sedangkan warna kulit telur seragam hijau kebiruan.

Simak juga Cara Cepat Menetaskan Telur Bebek

Untuk mengetahui jenis kelamin Itik Master ini sangat mudah sekali, Itik MASTER ini juga memiliki keunikan yakni jenis kelaminnya yang dapat diketahui sesaat setelah menetas berdasarkan warna bulu. Itik jantan berwarna lebih gelap.

Bagi sobat tani yang ingin berbagi pengalaman dalam beternak Itik Master bisa mengirimkan artikelnya kepada kami via email ke redaksi.kabartani@gmail.com. Artikel yang memenuhi persyaratan akan kami terbitkan di kabartani.com. Mari saling berbagi ilmu agar petani Indonesia semakin maju.