Home Peternakan Mengetahui Tanda-tanda Kambing yang Akan Melahirkan

Mengetahui Tanda-tanda Kambing yang Akan Melahirkan

118
0

Kabartani.com – Dalam berternak kambing tidaklah mudah, untuk memperoleh hasil yang diinginkan maka perlu memahami seluk beluk dalam ternak kambing. Salah satu yang akan kami bahas disini yaitu tentang penanganan proses kelahiran ternak kambing. Kami membahas tema ini karena cukup banyak pertanyaan yang masuk ke redaksi kabartani.

Diharapkan dengan ulasan informasi berikut ini, bisa memberi sedikit gambaran dan pemahaman bagi sobatani yang sedang atau baru akan terjun ke dunia peternakan kambing.

Tak sedikit dari peternak kita yang belum memahami tentang bagaimana proses kelahiran kambing dan bagaimana penanganannya. Oleh karena itu, akan kami jelaskan sebagai berikut:

Ciri Kambing yang Akan Melahirkan

Induk kambing yang usia kandungannya kurang lebih 5 bulan biasanya akan menunjukkan tanda-tanda akan segera melahirkan, sebagai berikut:

  • Mengalami gelisah, dengan menggaruk-garukan kaki depannya ke lantai atau tanah sambil mengembek-embek.
  • Ketika di cek pada vagina kambing akan memerah dan mengeluarkan lendir disertai dengan mencekungnya pinggul atas.
  • Sering memperhatikan bagian belakangnya sambil mengembek-embek.
  • Ketika akan melahirkan, biasanya induk kambing dalam posisi terbaring, seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini.
Gambar 1. Tanda-tanda induk kambing akan melahirkan

Proses Kelahiran

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Korep Pada Ayam Aduan

Ketika kambing anda sudah ada tanda-tanda tersebut diatas, biasanya akan segera terjadi proses kelahiran. Dalam sekali melahirkan, kadang induk kambing bisa melahirkan 2 ekor, tapi sering juga terjadi 1 ekor3 ekor bahkan sampai 4 ekor per kelahiran.

Proses awal kelahiran ditandai dengan keluarnya ketuban dari vagina induk kambing. Biasanya berbentuk seperti balon yang berisi air, beberapa menit kemudian gelembung keluar akan pecah diikuti oleh proses kelahiran cempe (anak kambing).

Jika kandungan dalam posisi normal, maka cempe bisa keluar dengan sendirinya tanpa memerlukan bantuan peternak. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

Gambar 2. Posisi cempe yang normal pada perut induk menjelang kelahiran

Dari gambar diatas, memperlihatkan bahwa cempe berada pada posisi normal yang biasanya kedua kaki depan keluar lebih dulu dengan diikuti bagian kepala dan bagian tubuh lainnya hingga keluar sempurna.

Selisih kelahiran antara cempe satu dengan yang lainnya tidak bisa dipastikan, namun biasanya dalam hitungan menit hingga setengah jam atau bahkan lebih.

Baca Juga :  Pertolongan Pertama Dan Cara Mengobati Hewan Ternak Yang Keracunan

Itulah informasi mengenai bagaimana Mengetahui Tanda-tanda Kambing yang Akan Melahirkan, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Previous articleManfaat Sulfur (Unsur S) Pada Tanaman, Khususnya Tanaman Padi
Next articleCara Menghilangkan Zat Tanin Pada Sabut Kelapa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here