Mengintip Ternak Burung Puyuh “PAK EKO” Bantul, Yogyakarta

Mengintip Ternak Burung Puyuh “PAK EKO” Bantul, Yogyakarta

1
SHARE

KABARTANI.com – Eko Nurbiyanto merupakan seorang peternak burung puyuh yang berada di dukuh Banyakan III RT02, Sitimulyo, Piyungan, Bantul,Yogyakarta. Usaha Pak Eko didasari karena tuntutan ekonomi yang harus ia cukupi, oleh karena itu sejak tahun 2004 silam ia coba-coba untuk memulai usaha ternak puyuhnya. Awalnya Pak Eko hanya memelihara 500 ekor puyuh, dengan memiliki 3 kandang, ternyata untung juga. Lalu, Pak Eko memperbanyak kandang hingga sekarang memiliki 7500an burung puyuh. Menurut Pak Eko, standar ternak puyuh 7500 ekor itu termasuk kategori pengusaha sedang.

4

Kini, kandang burung puyuh Pak Eko ada sekitar 70an kandang. Biaya untuk membeli 1 kandang yang terdiri dari 4 rak/atasan itu seharga Rp 500.000. Sedangkan lahan budidayanya ia menyewa lahan milik tetangganya, dengan biaya sewa Rp 15.000.000 per 10 tahun. Letak kandang segaja ia jauhkan dari pemukiman warga agar tidak mengganggu warga karena bau kotoran puyuh. Sampai saat ini Pak Eko tidak memiliki karyawan, karena sudah dibantu oleh orangtuanya dan juga istri dan anaknya.

Pembibitan

6

Awalnya, Pak Eko membeli puyuh yang siap bertelur dengan harga Rp 5000 per ekor. Sekarang pak Eko sudah bisa mengolah bibit sendiri karena dirumah pak Eko sudah memiliki mesin tetas telur puyuh sendiri.

Pakan

9-pakan-burung-puyuh

Pakan: Pak Eko menggunakan makanan untuk burung puyuh dengan sirat. Minum: air putih yang mengguanakan alat otomatis (nepel puyuh). Pakannya dibeli dari pak Ruri (juragan pak Eko) dengan harga Rp 295.000/sak. Jadi, burung puyuh Pak Eko dalam setahun membutuhkan sekitar 1344 sak pakan.

Penyakit

Penyakit yg sering menyerang puyuh:

  • Snot atau kepala benjol
  • Pilek
  • Berak kapur
  • Berak hijau
  • Kolera
  • Kolin (burung puyuh sehat tetapi kurus dan tidak mau betelur).
  • AI (flu burung) penyakit paling parah

Cara mengatasi penyakit tersebut:

11

  • Kandang yang digunkan bersih
  • Tidak terlalu pengap
  • Tidak terlalu bau
  • Sirkulasi udara lancar, karena burung puyuh suka tempat yang nyaman.

Untuk penanganannya: burung puyuh di berikan vitamin 2×1 minggu. Vitamin yang digunakan Vitamin Puyuh Mediex yang berfungsi menyuburkan indung telur.

7

Telur yang dihasilkan puyuh dalam setahun sekitar 2.592.000 butir telur. Pak Eko disini tidak hanya sebagai penghasil telur puyuh saja, tapi juga telurnya ada yang di tetaskan sendiri untuk dijadikan bibit dan ada yang di setorkan ke bapak Ruri (juragannya). Dalam seminggu burung puyuh Pak Eko menetaskan 5000 burung puyuh. Telur yang dihasilkan sudah diambil oleh para pedagang.

Pemasaran

12

Setelah menetas, telur akan di ambil oleh juragan Pak Eko (Pak Ruri) Setelah itu, Pak Ruri memasarkannya di wilayah Jogja hingga luar Jogja juga, Proses pemasaran, diambil oleh pembeli. Harga pemasaran telur tergantung waktu pasaran, biasanya harga telur Rp.250,00 per butirnya.

Keuntungan

Keuntungan Pak Eko secara umum perharinya yaitu Rp.300.000 per hari. Jika harga dipasaran sedang tinggi, Pak Eko menghasilkan keuntungan Rp.9.000.000 per bulan.

2

Kendala

Harga telur puyuh di pasaran yang naik turun karena faktor;

  • Bulan jawa, banyaknya orang yang mengadakan pesta/acara/hajatan atau tidak
  • Distribusi pakan dari pusat
  • Tedi stiadi

    Saya tertarik untuk membuat usaha sendiri seperti ternak telur burung puyuh ini..
    Saya mau tanya kalau misal nya saya datang ke tempat pak eko dan belajar disana dalam beberapa bulan bisa ga yahh??