Hortikultura Sayuran Mengolah Limbah Baglog Jamur Tiram Menjadi Produk Baru

Mengolah Limbah Baglog Jamur Tiram Menjadi Produk Baru

0
Bagikan

Kabartani.com – Budidaya jamur tiram yang kian menjamur, baik yang berskala kecil maupun yang berskala besar sebagai industri, secara tidak langsung juga akan menghasilkan limbah, terutama limbah baglog jamur tiram yang sudah afkir (habis masa tanamnya/tidak tumbuh lagi).

Dalam budidaya jamur ini, seperti terjadi permasalahan yang berulang mengenai limbah, padahal budidaya jamur sebenarnya memanfaatkan limbah serbuk gergaji tapi setelah limbah tersebut termanfaatkan muncul limbah baru lagi.

Untuk mengatasi permasalahan limbah baglog dalam budidaya jamur, berikut ini beberapa produk baru yang bisa kita hasilkan dari limbah baglog jamur, diantaranya yaitu:

1. Media Baglog Baru

Baglog yang sudah afkir, sebenarnya masih bisa kita gunakan dengan cara diolah kembali menjadi baglog baru meskipun hasil produksi jamur dari baglog tersebut nantinya akan sedikit berkurang (hanya mencapai sekitar 80 % nya) dibanding bila menggunakan serbuk kayu baru. Tetapi, setidaknya bisa mengurangi pembelian serbuk gergaji.

2. Pupuk Kompos

Limbah baglog jamur tiram dapat kita manfaatkan untuk membuat pupuk kompos hanya dengan menambahkan EM4 dan bahan organik lain, maka sudah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk yang baik untuk tanaman.

3. Pakan Ternak

Limbah baglog jamur tiram mengandung nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh sapi perah. Berdasarkan penelitian, limbah baglog jamur memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi untuk hewan ternak. Pengolahan lebih lanjut dengan menambahkan tetes tebu dan bakteri pre-biotik yang berperan positif bagi ternak sapi.

4. Bahan Bakar

Dalam pembuatan baglog baru, biasanya akan ada proses pengukusan baglog. Nah, limbah baglog jamur ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Tinggal di jemur dan setelah kering langsung bisa digunakan.

Kali ini saya akan menjelaskan lebih detail bagaimana mengolah limbah baglog jamur menjadi pupuk kompos. Berikut cara pembuatan pupuk kompos dari Limbah Baglog Jamur Tiram :

Bahan-Bahan :

  • Limbah Baglog 250 kg,
  • Kotoran ternak ayam, sapi 250 kg,
  • EM4 1 liter,
  • Gula merah/gula pasir ½ kg,
  • Air secukupnya

Cara Pembuatan :

  1. Limbah baglog dihaluskan terlebih dahulu, setelah itu dicampur dengan kotoran ternak ayam dan sapi.
  2. Campurkan EM4 + gula pasir kedalam air sesuai ukuran bahan, lalu semprotkan dengan pompa gendong/gembor secara merata (sambil diaduk).
  3. Simpan ditempat yang tidak terkena air dan ditutup rapat dengan plastik. Bahan difermentasi selama 4 – 7 hari, setiap hari diperiksa suhunya jangan sampai melebihi 50 derajat celcius, jika suhunya tinggi bahan diaduk sampai suhunya turun kembali.
  4. Setelah 4 – 7 hari difermentasi, pupuk kompos sudah siap digunakan.

Simak juga artikel mengenai jamur lainnya:

Demikian informasi bagaimana Mengolah Limbah Baglog Jamur Tiram, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke redaksi.kabartani@gmail.com.

Sumber : Dinas Pertanian Kab. Asahan

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here