Naufal Raziq, Bocah Asal Aceh Ubah Pohon Kedondong Jadi Sumber Listrik

Naufal Raziq, Bocah Asal Aceh Ubah Pohon Kedondong Jadi Sumber Listrik

0
Bagikan
Naufal Raziq, Ubah Pohon Kedondong Jadi Sumber Listrik - Kabartani

Kabartani.com – Namanya Naufal Raziq (14), pelajar kelas 2 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh ini telah berhasil mengubah Pohon Kedondong menjadi sumber listrik. Dengan segala kesulitan dan keterbatasan yang ia hadapi, Naufal telah berhasil menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Dilansir National Geographic, Naufal menemukan pohon yang dapat dimanfaatkan sebagai penyalur energi listrik. Dengan alat sederhana yang diciptakan Naufal, kini ia mampu memanfaatkan energi listrik dari pohon di sekitar rumahnya.

Ia mengaku mendapat ide dari pelajaran IPA di kelasnya. “Awalnya saat saya mempelajari ilmu pengetahuan alam, saya membaca bahwa buah yang mengandung asam katanya bisa menghantarkan listrik, akhirnya saya lakukan uji coba pada buah kentang. Setelah itu saya berpikir lagi, kalau buahnya mengandung asam berarti pohonnya juga mengandung asam, akhirnya saya mulai melakukan eksperimen,” tutur Naufal.

Pertama kali eksperimennya itu dilakukan pada pohon mangga dan ternyata tidak layak. Lalu Ia kemudian mencari pohon yang mempunyai kadar asam sangat tinggi. Akhirnya ia menemukan kedondong pagar yang kadar asam atau getahnya mampu menghantarkan listrik.

“Mengapa saya menggunakan pohon ini, karena selain kadar asamnya tinggi, ia juga sangat kokoh,” ujarnya.

Naufal mengatakan, energi yang diambil dari pohon kini sudah dapat digunakan sebagai penerangan listrik di rumahnya. Akan tetapi untuk beberapa alat elektronik seperti kulkas dan televisi belum dapat digunakan karena mempunyai energi yang tinggi.

“Voltase yang dihasilkan masih lemah, amperanya masih kecil namun jika menggunakan alat yang lebih canggih tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan ampera yang lebih besar,” ujarnya.

Naufal hidup dari keluarga sederhana, kemahirannya didunia elektronik ia dapatkan dari sang ayah yang tak lain adalah seorang teknisi elektronik di kampungnya. Naufal melakukan berbagai percobaan pun dengan memanfaatkan alat-alat milik ayahnya.

Sebelumnya, Naufal sudah melakukan lebih dari 60 kali percobaan dan menelan biaya sekitar Rp 14 juta. Dengan temuannya ini, satu rumah dapat dialiri listrik melalui sepuluh pohon kedondong pagar.

Naufal adalah contoh remaja Indonesia yang berprestasi, ia merupakan aset daerah yang harus didukung oleh semua pihak. Ia bercita-cita menjadi ilmuwan di masa yang akan datang.

Berikut video percobaan Naufal Raziq.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN