Panduan Budidaya Cacing Lumbricus Rebellus Atau Cacing Tanah

Panduan Budidaya Cacing Lumbricus Rebellus Atau Cacing Tanah

3
SHARE
Cacing Lumbricus Rebellus Atau Cacing Tanah

KABARTANI.COM – Budidaya hewan atau tanaman sekarang ini menjadi salah satu bidang usaha yang paling banyak dilirik oleh para pelaku usaha, seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan komoditas tersebut mengingat persediaan alam tidak lagi dapat diandalkan untuk memenuhi tingginya permintaan.

Salah satu usaha yang cukup menjanjikan yakni budidaya cacing Lumbricus Rebellus atau yang biasa kita kenal dengan cacing tanah. Cacing ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang membuat tingginya permintaan pasar akan stok cacing ini.

Ada beberapa hal yang membuat tingginya permintaan pasar terhadap cacing lumbricus atau cacing tanah ini. Karena maraknya budidaya lain yang membutuhkan stok cacing lumbricus sebagai pakan atau makanan ternaknya seperti ikan, burung, dan sebagainya.

Bahkan, banyak masyarakat yang mempercayai cacing ini memiliki manfaat dan kandungan yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan baik dan benar. Cacing lumbricus ini dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit secara alami dan tanpa efek samping.

Hal tersebut juga sudah terbukti dalam sebuah penelitian medis dimana cacing Lumbricus Rebellus ini memiliki protein yang jauh lebih tinggi dari mamalia bahkan ikan. Oleh karena itu cacing jenis ini sangat digemari terutama untuk pakan hewan ternak maupun untuk pengobatan.

Dalam budidaya cacing ini tidak diperlukan biaya yang mahal dan budidayanya pun tergolong sangat mudah. Bagi anda yang tertarik ingin budidaya cacing Lumbricus Rebellus ini.

Berikut kami berikan caranya membudidayakan cacing lumbricus dengan bak dan benar:

1. Lahan Dan Media Tanam Cacing Lumbricus Rebellus
Untuk tempat budidaya cacing Lumbricus ini, disarankan menggunakan media tanah yang mengandung banyak zat organik, memiliki pH sekitar 6 – 7,2 dan agak asam, karena hal ini akan mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam budidaya cacing tanah ini.

Anda dapat mencapur tanah dengan kotoran hewan ternak, dedaunan bahkan tanaman yang sudah mati. Anda bisa menggunakan atau membuat kolam kering, ember atau tempat yang telah anda sediakan untuk tempat budidaya cacing Lumbricus ini. Hindari terpaan sinar matahari langsung ke tempat budidaya.

2. Pemilihan Bibit Cacing Lumbricus Rebellus
Gunakan bibit cacing tanah yang baik, sehat dan unggul, yang bisa anda temukan dengan berburu sendiri di alam maupun membeli di toko-toko pertanian.

3. Pemeliharaan Cacing Lumbricus Rebellus
Untuk pemeliharaan dan perawatan Cacing Lumbricus dibagi menjadi 3 tahap yakni:

  • Pemberian pakan setiap hari 1 x dimana disesuaikan dengan berat dan ukuran cacing
  • Penggantian media
  • Proses perkembang biakan juga memerlukan media baru yang terbuat dari campuran buah-buahan busuk, kotoran hewan ternak, hingga sampah dedaunan.

4. Panen Cacing Lumbricus Rebellus
Hasil panen cacing dibagi menjadi 2 yakni panen cacing itu sendiri, sekaligus anda juga bisa panen biomas. Anda dapat memisahkan panen cacing anda dan memanfaatkan media sisa pembudidayaan untuk digunakan menjadi biomas.

Adapun cara panennya, anda bisa menggunakan lampu petromax atau lampu neon yang ditaruh diatas media budidaya, dengan sendirinya cacing akan berkumpul dan anda tinggal memisahkan.

Baca juga:

Itulah informasi dari kami mengenai Panduan Budidaya Cacing Lumbricus Rebellus Atau Cacing Tanah, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat tani semuanya. Terima kasih.

  • fuadibrahim

    jual bibit cacing gak bos?