Panduan Budidaya Jeruk Lemon Cui Dalam Pot

Panduan Budidaya Jeruk Lemon Cui Dalam Pot

0
SHARE

KABARTANI.com – Budidaya buah-buahan dalam pot alias tabulampot memang mampu memberikan sensasi tersendiri bagi sebagian orang. Selain bisa menjadi pilihan alternatif bagi anda yang ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan yang luas, budidaya dengan tabulampot pun bisa memberikan nilai estetika tersendiri, jadi lebih enak dipandang.

Bagi Anda yang hobi tabulampot, mungkin ingin melengkapi koleksi tanaman buah anda, tak ada salahnya menanam jenis jeruk mini yang merupakan saingan baru jeruk nipis yaitu jeruk lemon cui. Tanaman jeruk lemon cui ini sangat cantik dan menawan untuk dijadikan tabulampot, apalagi pada saat tanaman ini berbuah lebat dengan warna kuning menawan dan beraroma khas yang harum.

Berikut panduan yang harus Anda lakukan jika tertarik menanam jeruk lemon cui dalam pot.

1. Pemilihan Bibit

Anda bisa memperoleh bibit jeruk lemon cui dari penangkar bibit buah-buahan atau toko pertanian. Bibit tersebut bisa berasal dari perbanyakan vegetatif, entah okulasi, cangkok, maupun stek.

2. Media Tanam

Setelah itu, siapkan media tanam. Adapun media tanam yang digunakan adalah tanah yang subur. Media tanam pun bisa anda buat sendiri dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

3. Siapkan Pot

Sebelum menanam bibit, siapkan pot dengan ukuran yang harus disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman. Tutuplah lubang dasar pot dengan pecahan genteng, lantas lapisi atasnya dengan kerikil dan pasir secukupnya. Kemudian masukan media tanam tadi dengan volume 1/3 saja.

4. Penanaman Bibit

Sebelum ditanam, terlebih dahulu pangkaslah sebagian akar bibit jeruk lemon cui. Usahakan jangan ada akar tunggang yang terlalu panjang. Letakkan bibit di tengah-tengah pot, kemudian isi media tanam lagi. Siramlah dengan sedikit air agar tanah memadat.

Perlu diketahui, tabulampot jeruk lemon cui ini kebutuhan sinar matahari harus cukup. Kebutuhan penyinarannya setiap hari sekira lima jam. Oleh karena itu, letakkan tabulampot pada posisi yang tidak terlalu teduh lalu lakukan penyiraman secara teratur.

5. Perawatan

Jika tabulampot jeruk lemon cui sudah berumur 3-4 tahun, sebaiknya lakukan repotting. Caranya, pangkas lebih dulu cabang tanaman sebanyak 1/3 nya. Biarkan tanah mengering selama 2-3 hari, tanpa melakukan penyiraman. Angkat tanaman dan buang sebagian tanahnya. Jangan lupa, siapkan pot baru yang ukurannya lebih besar dan tentu saja media tanam baru. Isi pot dengan tanah pengganti, lalu tanamkan lemon cui sekali lagi.

Agar tumbuhan mungil ini mampu berbuah produktif, lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali. Pada umur 4 bulan pertama, taburkan NPK sebanyak 25 gram per tanaman. Lantas, sesuai dengan bertambahnya umur tanaman, dosis pupuknya bertambah jadi 50 gram, 100 gram, 400 gram, dan seterusnya.

Budidaya Jeruk Lemon Cui Dalam Pot - Kabartani.com

Selain pemupukan, lakukan pula pemangkasan. Di samping untuk meningkatkan produktivitas buah, pemangkasan juga dimaksudkan untuk mempercantik penampilan. Idealnya, proporsi perbatangan tabulampot lemon cui adalah 1, 3, dan 9 yang akan menghasilkan 27 cabang atau ranting tersier. Artinya, satu batang pokok setinggi 50-100 cm hanya memiliki tiga cabang primer yang posisinya berimbang (panjang cabang primer 30-50 cm) dan sembilan cabang sekunder. Dengan demikian, cabang atau ranting lainnya dibuang saja. Pembuahan akan terjadi pada ranting-ranting tersier.

6. Pengendalian Hama

Sementara itu, sebagai upaya pengendalian hama dan penyakit yang kerap menyerang jeruk seperti ulat papilio (Papilio memnon), kutu daun (Toxoptera citricidus dan Aphis gossypii), dan Thrips (Scirthrips citri), Anda bisa melakukan beberapa tindakan antara lain secara mekanis dengan memotong bagian tanaman (daun, batang, buah) yang terserang berat dan mengurangi daun yang terlalu rimbun, atau secara kimiawi dengan menyemprotkan pestisida seperti Hostathion 40 EC, Kelthane 200 EC, dan Cymbush 50 EC.

Kunci Sukses

Kunci sukses membuahkan jeruk lemon cui dalam pot ini sebenarnya mudah, yakni Anda cukup lakukan perawatan dan penyiraman secara rutin, lemon cui mudah berbuah. Untuk menyeragamkan pembentukan buah, lakukan stres air selama 4-6 hari. Setelah itu siram dengan teratur.

Baca juga

Nah, itulah Panduan Budidaya Jeruk Lemon Cui Dalam Pot, sudah tahu kan langkah-langkah menanamnya? Jadi, tunggu apalagi! Selamat mencoba.