Panduan Dalam Budidaya Tanaman Mentimun Dengan Baik Dan Benar

Panduan Dalam Budidaya Tanaman Mentimun Dengan Baik Dan Benar

0
SHARE

Kabartani.com – Panduan Dalam Budidaya Tanaman Mentimun Dengan Baik Dan Benar. Buah mentimun adalah buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus, tanaman ini hidup dan tumbuh menjalar.

Budidaya mentimun tergolong agak susah, pasalnya tanaman mentimun sangat rentan terhadap cuaca, iklim dan suhu, sehingga membutuhkan pemeliharaan yang lebih ekstra.

Tanaman mentimun dapat hidup pada ketinggian ideal antara 1000-1200 mdpl, meskipun demikian mentimun pun masih dapat hidup pada dataran rendah.

Mentimun akan tumbuh maksimal pada kondisi iklim yang kering dengan penyinaran penuh pada suhu 21-27oC.

Berikut langkah-langkah dalam budidaya mentimun:

Langkah Persiapan Bibit

kabartani-com-bibit-mentimun

Pilihlah bibit yang berkualita unggul, tahan terhadap suhu, iklim, hama dan penyakit. Beriku cara memperoleh bibit mentimun yang baik  :

Kita ambil bibit mentimun dari mentimun yang sudah matang dalam kondisi hampir membusuk. Disarankan pilih mentimun yang memiliki struktur buahnya panjang, besar dan berpangkal kecil. Setelah kita dapatkan mentimun tersebut kita biarkan mentimun tersebut selama satu hari, setelah satu hari kita belah mentimun tersebut dan kita ambil bijinya.

Setelah kita dapatkan biji mentimunnya lalu kita masukkan biji mentimun tersebut kedalam wadah yang bersih dan steril lalu kita biarkan biji tersebut semalaman. Setelah semalaman selanjutnya kita lakukan penyortiran, caranya kita ayak biji mentimun tersebut dalam air yang mengalir hal ini untuk menghilangkan selaput lendir yang menyelubunginya. Agar pengelupasan selaput lendir lebih mudah kita bisa gunakan abu halus yang ditaburkan kedalam bibit mentimun yang diayak tersebut.

Kemudian kita pilih biji-biji mentimun yang tenggelam dan yang tidak hanyut terbawa air. Setelah kita dapatkan bibit dari biji mentimun tersebut, selanjutnya kita jemur bibit tersebut selama dua hari.

Apabila bibit yang dijemur selama dua hari sudah mengiring kita dapat menyimpannya didalam botol kaca atau dalam kemasan yang lainnya. Sebaiknya bibit tersebut jangan langsung digunakan alangkah baiknya jika disimpan terlebih dahulu selama 1 hingga 2 bulan hal ini untuk menghilangkan massa dorman yang ada pada biji mentimun.

Biji atau bibit mentimun yang disimpan dengan baik dan benar biasanya dapat bertahan selama kurang lebih satu tahun, setelah kita dapatkan bibit mentimunnya langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang dipakai untuk menanam bibit tersebut.

Langkah Pengolahan Lahan

kabartani-com-mengolah-lahan-mentimun

Olah lahan dengan dibajak sedalam 20 hingga 30 cm, setelah itu buatlah bedengan dengan lebar 1 meter setinggi 20 hingga 30 cm, berilah jarak antar bedengan sejauh 30 cm. Kemudian tutup bedengan dengan mulsa plastik. buat lubang tanam di permukaan mulsa berdiameter 10 cm, beri jarak antar lubang sejauh 40 cm.

Berilah pupuk kompos atau pupuk kandang pada lubang tanam tersebut, pada setiap lubang beri pupuk sebanya 0,5 hingga 1 kg, diamkan selama 1-2 minggu, hal ini agar unsur hara yang ada didalam pupuk terserap menjadi satu dengan tanah yang ada didalam mulsa plastik tersebut.

Langkah Penanaman Bibit

kabartani-com-tanam-biji-mentimun

Pilih Bibit yang telah keluar tunasnya kemudian letakkan bibit tersebut kedalam lubang tanam kemudian tutup dengan tanah, dalam satu lubang tanam beri satu bibit mentimun. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari dan biasanya dalam dua hari bibit tersebut akan mengeluarkan tunas yang lebih tinggi.

Langkah Perawatan Mentimun

kabartani-com-perawatan-tanaman-mentimun

Lakukan pengontrolan ketikan bibit sudah berumur 3-4 hari setelah tanam. Jika ditemukan bibit yang mati segera ganti dengan bibit yang baru. Pada area sekitar tanaman bibit jika ada gulma pengganggu segera bersihkan. Memasuki umur dua minggu biasanya daun akan bermunculan berikan pupuk cair agar pertumbuhannya lebih optimal. Tiap 1 liter pupuk cair untuk kebutuhan tanaman tiap per meter persegi.

Berikan lenjer pada tiap lubang tanam, lenjer terbuat dari sebitan bambu, pada tiap lubang tanam beri 4 lenjer ikat pada ujung atasnya. Hal ini bertujuan agar tanaman mentimun bisa melilit pada lenjer, karena hal tersebut juga biva meningkatkan hasil produksi buah mentimun nantinya.

Pengendalian Hama dan Penyakit

kabartani-com-pengendalian-hama-dan-penyakit-mentimun

Ada beberapa hama tanaman mentimun diantaranya cacantal atau oteng-oteng, Ulat tanah, untuk mengedalikannya dengan menggunakan biopestisida yang terbuat dari ekstrak kipait dan gadung yang dicampur dengan air kencing kelinci.

Hama-hama ini biasanya menyerang batang yang menjadi pangkal keluarnya daun atau buah. Untuk pengaplikasiannya adalah dengan menyemprotkan biopestisida tersebut bagian tanaman yang diserang hama tersebut.

Adapun penyakit yang biasa menyerang tanaman mentimun diantaranya antraknosa, bercak daun, busuk daun, tepung putih,dan busuk buah. untuk mengendalikan penyakit ini adalah dengan cara mengambil dan membuang bagian tanaman yang diserang penyakit tersebut, serta dapat juga melakukan rotasi tanaman.

Langkah Pemanenan Mentimun

kabartani-com-panen-mentimun

Pembungaan tanaman mentimun terjadi ketika tanaman sudah berumur 20 hari dari massa tanamnya, tanaman mentimun berbuah ketika berumur 40 hari.

Untuk panen mentimun pertama biasanya mentimun dapat dipanen ketika sudah berumur 75 hari, dan selanjutnya tanaman mentimun bisa dipanen bertahap yaitu 1 – 1,5 bulan. pada tiap tanaman bisa dipetik buahnya sebanyak 1 hingga 2 buah saja.

Perlakuan buah mentimun yang telah dipanen

kabartani-com-perlakuan-buah-mentimun

Letakkan buah mentimun ditempat yang sejuk dikarenakan buah mentimun mudah hilang kandungan airnya. Jika mentimun akan dijual dipasaran alangkah baiknya mentimun dipacking dalam tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Agar nanti ketika dijual dipasar mentimun tetap dalam kondisi yang masih segar.

Baca Juga :

Demikianlah Cara menanam mentimun dengan baik dan benar, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat baik bagi pemula budidaya mentimun atau yang sudah biasa budidaya mentimun.