Panduan Lengkap Menanam dan Budidaya Tanaman Pucuk Merah Dari Bijinya

Panduan Lengkap Menanam dan Budidaya Tanaman Pucuk Merah Dari Bijinya

0
SHARE

KABARTANI.COM – Pucuk merah (Syzygium Oleana) yang memiliki ciri khas daun berwarna merah dan hijau ini merupakan salah satu tanaman hias. Disebut pucuk merah karena daun yang masih muda berwarna merah, sedangkan saat daun itu semakin tua, akan berubah warna menjadi hijau. Itulah alasan mengapa di Indonesia tanaman ini biasa dikenal dengan nama pucuk merah.

Pucuk merah memiliki daun yang rapat satu sama lain, tekstur daunnya halus dengan panjang daun berkisar 5 cm dan permukaan daun yang agak mengkilap.

Jika anda ingin membudidayakan tanaman pucuk merah ini, caranya sangat mudah. Apalagi iklim tropis di Indonesia sangat ideal untuk membudidayakan tanaman ini. Pucuk merah dapat mencapai tinggi hingga 7 meter, sedangkan usia tanaman dapat mencapai puluhan tahun.

Tanaman pucuk merah dapat membuat rumah Anda terlihat lebih asri dan sejuk. Kerimbunan dan keunikan warna daun Pucuk Merah menjadikannya buruan para kolektor tanaman hias, baik untuk penghias rumah, taman, perkantoran, lapangan golf, lapangan olah raga, hingga tempat rekreasi.

Untuk membudidayakan tanaman pucuk merah ini dua cara, yakni dengan menanam dari bijinya dan dengan cara stek. Disini kami akan memberikan panduan untuk menanam atau membudidayakan pucuk merah dari bijinya, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Menyiapkan Biji Pucuk Merah

Biji Pucuk Merah - Kabartani.com
Buah Pucuk Merah

Biji dari tanaman pucuk merah bentuknya seperti lada. Nah, jika anda akan membudidayakannya dari biji, maka pilihlah biji yang sudah tua. Biji pucuk merah yang sudah tua ditandai dengan warnanya yang kehitam-hitaman. Namun, jika sebelumnya anda tidak mempunyai tanama ini, anda bisa membeli biji / benih pucuk merah di toko pertanian didaerah anda. Setelah biji didapat, rendam biji tersebut dengan air yang sudah dicampur dengan disinfektan dan perangsang akar.

2. Penyemaian Biji
Siapkan tempat penyemaian, dengan menggemburkan tanah dan mencampurnya dengan pupuk kandang atau kompos. Kemudian semai biji tersebut. Jika anda ingin langsung menanamnya pada lahan tanam juga bisa. Asalkan, kondisikan terlebih dahulu tanah tersebut dengan baik. Jangan lupa beri pupuk kandang sebelum kamu menanam benih pucuk merah.

3. Pemindahan Bibit
Bibit pucuk merah sudah mencapai tinggi antara 15-20 cm bisa dipindahkan. Cabut bibit dengan hati-hati, jangan sampai akarnya putus. Buat lubang pada tanah, masukkan pupuk kandang dan tutup kembali lubang. Nah, anda bisa memilih ingin menanam pucuk merah di mana. Bisa dalam polybag, pot atau lahan yang sudah anda sediakan.

4. Perawatan Tanaman
Usahakan tanaman terkena sinar matahari langsung, hal ini akan membuat warna daun lebih mencolok. Tanaman pucuk merah membutuhkan air untuk pertumbuhannya, anda bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Tapi, jika sedang musim hujan, penyiraman cukup dilakukan sekali saja.

Setelah cukup besar, tanaman pucuk merah akan mengeluarkan pucuk yang berwarna merah. Cocok sekali untuk menghias pekarangan rumah anda, bahkan bisa anda gunakan sebagai pohon natal juga lho.

Pucuk Merah Juga bisa digunakan sebagai pohon natal -Kabartani.com
Pucuk Merah juga bisa digunakan sebagai pohon natal – Kabartani.com

Baca juga:

Pucuk Merah bisa digunakan sebagai pohon natal -Kabartani.comNah, itulah Panduan Lengkap Menanam dan Budidaya Tanaman Pucuk Merah Dari Bijinya. Cukup mudah bukan? Jika anda sudah mempunyai pucuk merah yang sudah besar, lakukan pemangkasan daun sesekali. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima kasih.