Perikanan Budidaya Air Tawar Panduan Lengkap Proses Pembenihan Ikan Nila Gift

Panduan Lengkap Proses Pembenihan Ikan Nila Gift

0
Bagikan

Kabartani.comNila gift merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup potensial untuk dikembangkan karena pertumbuhannya cepat, relatif lebih tahan penyakit dan toleran terhadap kualitas air kurang baik.

Salah satu masalah yang dihadapi petani dalam pengembangan nila gift adalah terbatasnya stok benih ikan. Dalam upaya mengatasi masalah ini, berikut disajikan salah satu cara pembenihan nila gift hasil kajian BPTP Ungaran.

Pemilihan Induk Ikan

Agar menghasilkan benih ikan yang baik, dipilih induk ikan nila gift sebagai berikut:

  • Kondisi ikan sehat,
  • Berumur 1-2,5 tahun,
  • Berat induk betina kurang lebih 300 gr/ekor atau lebih dan telah matang telur,
  • Berat induk jantan kurang lebih 500 gr/ekor atau lebih dan telah matang kelamin,
  • Sebelum dipijahkan, induk ikan betina dan ikan jantan dipisahkan (diberok) dahulu,

Persiapan Kolam

Gambar 1. Pengolahan kolam pemijahan dan kolam pendederan

Untuk pembenihan ikan nila gift diperlukan kolam pemijahan dan kolam pendederan. Luas setiap petak kolam kurang lebih 50 meter persegi dan jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Kolam dikeringkan selama 2-3 hari dan pematangnya dibersihkan dari rerumputan.
  • Tanah dasar diolah (dicangkul), diratakan dan dijemur untuk mencegah adanya bibit penyakit dan menguapkan gas-gas beracun.
  • Dasar kolam ditebari kapur sebanyak 100-300 kg/ha (0,5-1,5 kg/50 m2) CaO atau 500-1000 kg/ha (2,5-5 kg/50 m2) kapur pertanian untuk memperbaiki pH tanah dan mengendalikan hama dan penyakit ikan.
  • Untuk meningkatkan kesuburan, kolam diberi pupuk kendang 1-2 ton/ha (5-10 kg/m2) dan urea kurang lebih 8,8 gr/m2. Pupuk kendang ditebar merata di kolam atau dionggokkan di pintu pemasukan air.
  • Setelah pemupukan, kolam diisi air setinggi 5-10 cm dan dibiarkan selama 2-3 hari. Selanjutnya air ditambahkan hingga kedalaman 80-100 cm dan dibiarkan sekitar 5-7 hari untuk penumbuhan pakan alami.

Penebaran Indukan Ikan

Gambar 2. Penebaran indukan ikan Nila Gift
  • Kolam pemijahan ditebari induk ikan dengan kepadatan 2 ekor/m2 kolam. Perbandingan jumlah induk jantan dan induk betina 1:3, sehingga untuk kolam 50 m2 ditebari 100 ekor (induk jantan 25 ekor dan induk betina 75 ekor).
  • Guna merangsang pemijahan, ketinggian air perlu diatur, yaitu pada pagi hari air kolam disurutkan sampai 20 cm, dan malam hari air ditambahkan sampai ketinggian 60-70 cm.
  • Di kolam pemijahan induk ikan diberi pakan berupa pelet dengan dosis 3% dari bobot badan per hari.
  • Kira-kira satu minggu setelah induk-induk ikan dilepas di kolam, biasanya ikan nila gift sudah mulai memijah.
  • Setelah burayak (larva) ikan dikeluarkan dari mulut induk, sebaiknya segera dipindahkan kedalam hapa atau kolam pendederan. Pemindahan larva ikan dilakukan pada saat suhu udara rendah yaitu pagi atau sore hari.

Pendederan Benih Ikan

Gambar 3. Pendederan benih/larva ikan nila gift
  • Letak kolam pendederean sebaiknya berdekatan dan lebih rendah dibandingkan dengan kolam pemijahan. Kolam pendederan dipersiapkan (dikeringkan, diolah, diberi kapur, dipupuk, dan diairi) seperti pada kolam pemijahan.
  • Pemindahan benih (larva) ikan dapat dilakukan dengan mengalirkan air pada kolam pemijahan langsung kedalam kolam pendederan. Namun, jika tidak memungkinkan, benih ikan ditampung didalam hapa, kemudian dipindah ke kolam pendederan menggunakan ember atau wadah lain.
  • Selama pendederan benih ikan diberi pakan berupa pelet remah dengan dosis 4% dari bobot badannya. Pemberian pakan dilakukan 3 kali per hari, yaitu pagi, siang dan sore hari. Pemeliharaan di kolam pendederan dilakukan selama kurang lebih 2 bulan.

Produksi Benih Ikan

Dengan cara pembenihan tersebut, pada kondisi kualitas perairan kolam pH 6-8, oksigen terlarut 4-8,5 ppm, suhu air 28-29°C, dan NH4-N 0,25 ppm, diperoleh hasil sebagai Tabel 1 berikut:

Tabel 1. Produksi telur, jumlah larva, dan kelangsungan hidup pembenihan ikan nila gift (per ekor induk betina)

Hasil Rata-rata
total 3 bulan
Rata-rata
per bulan
Produksi telur (butir) 1.100 367
Produksi larva (ekor) 881 294
Kelangsungan hidup (%) 100 100
Benih : telur (%) 80 80

Demikian informasi bagaimana cara Pembenihan Ikan Nila Gift hasil kajian dari BPTP Ungaran, semoga dapat memberikan manfaat bagi sobatani sekalian. Jangan lupa simak juga artikel terkait ikan nila berikut ini:

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here