Peternakan Pakan Ternak Panduan Membuat Konsentrat Sapi Potong Pakan Tambahan Bergizi Seimbang

Panduan Membuat Konsentrat Sapi Potong Pakan Tambahan Bergizi Seimbang

0
Bagikan

Kabartani.com – Konsentrat merupakan pakan ternak bergizi tinggi yang tersusun dari beberapa bahan pakan dengan proporsi jumlah dan kan- dungan nutrisi yang berimbang. Konsentrat tersusun dari berbagai bahan pakan lokal dengan biaya yang murah, mudah diperoleh dan berkualitas baik.

Konsentrat berfungsi sebagai pakan tambahan untuk melengkapi pakan dasar (pakan sumber serat/rumput).

  • Sebagai sumber protein
  • Sebagai sumber energi
  • Sebagai pakan pelengkap

Untuk berfungsi optimal konsentrat harus tersusun dari: pakan sumber protein tinggi, pakan sumber energi tinggi serta pakan sumber vitamin dan mineral.

A. Langkah Pembuatan Konsentrat

1. Penentuan kandungan gizi /nutrisi Kandungan gizi ideal untuk konsentrat adalah :

  • Kadar Air maks : 12%
  • Protein Kasar minimal 12%
  • Lemak Kasar maks 6%
  • SK maks 12-17%
  • Abu maks 10%
  • TDN min 64%.

2. Penentuan formula bahan penyusun Formulasi konsentrat dapat bervariasi luas, tanpa memberikan pengaruh nyata terhadap tampilan produktivitas ternak, yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan nutrisi, ketersediaan, kandungan nutrisi, harga, adanya faktor pembatas/zat racun/ anti nutrisi.

Pakan seimbang, selain harus dapat memenuhi kebutuhan nutrien ternak harganya juga harus murah, oleh sebab itu sebaiknya menggunakan bahan pakan lokal yang tersedia di tempat. Hindari atau minimalkan bahan pakan yang berasal dari luar daerah yang pada umumnya mahal karena ada tambahan biaya transport, namun bisa digunakan bila memang harganya murah.

Optimalisasi penggunaan bahan pakan asal limbah pertanian, perkebunan maupun agroindustri diharapkan selain menurunkan biaya ransum juga mampu menghasilkan produktivitas secara optimal.

Tabel 1. Alternatif formula konsentrat

Nama Bahan Alt I Alt II Alt III Alt IV
Desak 50 60 40 32
Singkong 18 25 27 45
Ampas tahu 14 12 10
Jagung 10 15 10
Kulit kopi 5 15
Kapur 0,5 0,5 1 1
Urea 1 1 1 1
Mineral 1 1
Garam 0,5 0,5 1 1
% Bahan 100 100 100 100
Total PK 12,2 11,5 9,6 10,2
Total TDN 68,6 69,1 66,6 68,8

B. Proses Pencampuran Bahan

Pencampuran bahan dilakukan secara homogen agar ternak memperoleh kandungan gizi yang merata. Untuk itu semua bahan diupayakan berbentuk tepung sehingga memudahkan dalam pencampuran.

Cara pencampuran sederhana menggunakan sekop adalah sebagai berikut:

  1. Timbang semua bahan pakan yang diperlukan sesuai formula.
  2. Lakukan pencampuran awal untuk bahanbahan yang jumlahnya sedikit.
  3. Susun tumpukan bahan berbentuk pyramid dengan bahan yang jumlahnya paling banyak ditebarkan terlebih dahulu diatas lantai, kemudian dilapisi dengan bahan yang jumlah lebih kecil.
  4. Lakukan secara berurutan sampai semua bahan membentuk lapisan, secara berurutan dari yang paling banyak hingga yang paling sedikit jumlahnya.
  5. Tumpukan bahan-bahan tersebut diaduk secara merata menggunakan sekop.
  6. Lakukan pengamatan apakah bahan telah tercampur dengan baik.
  7. Konsentrat siap untuk digunakan atau dikemas.

C. Pengemasan

Prinsip pengemasan adalah bagaimana agar produk mudah ditangani, disimpan dan terhindar dari kerusakan sehingga setelah pencampuran selesai dilakukan konsentrat dimasukkan dalam karung dan disimpan dalam gudang. Upayakan ruangan dalam gudang tidak lembab dan sirkulasi udara baik.

D. Cara Pemberian Konsentrat

Penggunaan konsentrat untuk ternak sapi 25% dari bahan kering ransum sesuai dengan status fisiologi ternak, dan untuk ternak kambing pemberian konsentrat 0,5-1,5% dari bobot badan dan diutamakan pada fase bunting, masa laktasi dan untuk penggemukan.

Simak juga :

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here