Panduan Membuat Pupuk Bokashi Dari Jerami Padi

Panduan Membuat Pupuk Bokashi Dari Jerami Padi

1
SHARE
Panduan Membuat Pupuk Bokashi Dari Jerami Padi - Kabartani.com

KABARTANI.COM – Untuk meningkatkan kualitas dan produksi hasil pertanian, sangat penting sekali untuk menerapan teknologi tani yang mudah dan murah bagi petani. Seperti dalam meningkatkan hasil produksi padi, petani perlu memberikan pupuk organik.

Dengan segala pontensi yang sudah tersedia, penting bagi petani untuk menambah kemampuan, keterampilan dan pengetahuan dalam memanfaatkan sumber yang ada untuk diolah lebih efisien demi meningkatkan produksi tanaman. Misalnya dengan membuat bokashi sendiri dari jerami.

Setelah musim panen padi, biasanya akan menyisakan jerami hingga 10-15 ton/ha. Sebaiknya jerami tersebut jangan dibakar, melainkan diolah menjadi pupuk bokashi dan digunakan untuk menyuburkan tanah, untuk meningkatkan kualitas dan produksi tanaman padi anda.

Pupuk bokashi merupakan salah satu pupuk organik hasil dari fermentasi dengan menggunakan teknologi larutan EM-4 yang memiliki manfaat menyuburkan tanah dan menekan pertumbuhan patogen dalam tanah. Pupuk bokashi pertama kali dipopulerkan di Jepang, yang dalam bahasa setempat biasa disebut “bokashi” yang artinya “perubahan secara bertahap”.

Apa sih manfaat Bokashi?

  • Menjaga keseimbangan air didalam tanah
  • Memperbaiki sifat fisik / reklamasi lahan sehingga dapat memperbaiki pertumbuhan akar
  • Memperbaiki aerasi tanah sehingga oksigen tersedia di dalam tanah.
  • Membuat tanah menjadi kuat, sehat dan tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Apa itu larutan EM4?

  •  EM4 merupakan kultur campuran dari 80 jenis mikroorganisme yang efektif (terdiri dari bakteri Lactobacillus sp, jamur dan ragi pengurai selulosa, bakteri fotosintesis/ pelarut phospat, streptomyces sp.)
  •  EM4 mampu meningkatkan dekomposisi limbah dan sampah organik serta menekan aktifitas serangan mikroba patogen, meningkat ketersediaan unsur hara.
  • Penggunaan EM4 harus dibarengi dengan pemanfaatan bahan organik (seperti sisa tanaman, pupuk kandang dan lain-lain). Karena tanpa bahan organik tersebut EM$ tidak banyak berarti karena sumber makanan mikroorganisme dalam EM4 adalah bahan organik.

Kandungan unsur hara pada jerami:
Si (Silikat) 4 – 7 %
K (Kalium) 1,2 – 1,7 %
N (Nitrogen) 0,5 – 0,8 %
P (Phosphor) 0,07 – 0,12 %
S (Sulphur) 0,05 – 0,10%
Sumber: Arafah dan Sirappa (2003)

Jerami memiliki unsur-unsur yang cukup baik untuk dijadikan pupuk organik. Untuk itu penting bagi petani untuk mengetahui cara pembuatan pupuk bokashi dari jerami. Berikut kami uraikan cara pembuatan pupuk bokashi jerami padi.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk 1000 kg bokashi

  • Jerami padi yang dicacah/dipotong-potong halus sebanyak 300 kg
  • Pupuk kandang/kotoran ternak (sapi/kambing) sebanyak 50 kg
  • Arang sekam sebanyak 100 kg
  • Dedak halus sebanyak 150 kg
  • Gula pasir/molase/gula merah sebanyak 1 liter / 250 gram
  • Larutan EM-4 sebanyak 1 liter
  • Air secukupnya

Langkah-langkah pembuatan pupuk bokashi dari jerami:

1. Jerami dicacah/dipotong kecil sehalus mungkin.
2. Larutkan 1 liter EM4 dan 1 liter gula kedalam seember air dan aduklah sampai rata.
3. Jerami yang telah dicacah, pupuk kandang (kotoran ternak), dedak dan arang sekam dicampur secara merata. Setelah itu siramkan larutan EM-4 tadi (no.2).
4. Buatlah adonan bila digenggam, air tidak menetes, dan jika genggaman dilepas adonan tidak pecah/hancur namun masih menggumpal.
5. Adonan digundukan di atas lantai yang kering, dengan ketinggian mininimal 15 sampai 20 cm. Setelah itu tutup dengan plastik atau karung goni sampai 3-4 hari.
6. Periksa suhu setiap 5 jam sekali, pertahankan suhu adonan antara 40 hingga 50 derajat celsius, jika suhu kurang dibawah 40 oC maka karung ditambahkan. Bila suhu melebihi 50 oC, bukalah karung penutup dan gundukan adonan di balik-balik, kemudian di tutup kembali dengan karung goni. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan Bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan.
7. Jika sudah mencapai 4-7 hari, bokashi siap untuk digunakan sebagi pupuk organik.

Baca juga:

Itulah Panduan Membuat Pupuk Bokashi Dari Jerami Padi, selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat kabartani sekalian. Terima Kasih.