Panduan Membuat Tabulampot Srikaya Jumbo

Panduan Membuat Tabulampot Srikaya Jumbo

0
SHARE

KABARTANI.comPanduan Membuat Tabulampot Srikaya Jumbo. Hampir setiap orang mengenal buah Srikaya, ya buah yang memiliki rasa yang sangat manis ini memang banyak disukai oleh lidah orang Indonesia khususnya.

Tanaman yang memiliki nama latin Annona Squamosa L ini merupakan tanaman tropis yang tersebar dan mampu hidup di seluruh wilayah indonesia.

Simak juga : Infus Tanaman TABULAMPOT Dengan Menggunakan Botol Bekas

Syarat Tumbuh Tanaman Srikaya Jumbo:

  • Iklim

Tanaman Srikaya Jumbo cocok hidup di daerah yang beriklim tropis dengan  curah hujan sekitar 1.500 mm – 2.000 mm per tahun dengan kelembaban 50 – 60%. Temperatur yang sesuai adalah 20 C sampai dengan 35 C dan sangat cocok pada dataran sampai dengan 800 m dpl (dari permukaan laut).

  • Pencahayaan

Tanaman Srikaya Jumbo mampu tumbuh ideal dengan memperoleh pencahayaan sinar matahari dengan intensitas antara 50 – 80%.

  • Curah Hujan

Curah hujan yang dibutuhkan untuk srikaya jumbo adalah curah hujan maksimum 1.500 – 2.000 mm/tahun.

  • Keadaan Tanah

Tanah (media tumbuh) untuk srikaya Jumbo yang sesuai adalah tanah yang subur sebab kaya kandungan bahan organik. Tanah harus mengandung pasir dan tanah liat serta debu sehingga mudah membentuk remah. Keasamannya dengan kadar pH 5-7,5.

Cara Menanam Srikaya Jumbo Dalam POT:

srikaya-jumboMenyiapkan Pot

Pot yang digunakan untuk menanam tanaman buah dalam pot sebaiknya ukurannya besar atau bisa menggunakan potongan drum bekas yang dipotong menjadi dua bagian. Setelah pot sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mengisi pot dengan campuran Tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 (2 untuk Tanah : 1 untuk pupuk kandang). jangan diisi sampai penuh, cukup sisakan sekitar 20cm dari bagian atas pot. Biarkan pot yang telah diisi Tanah dan pupuk kandang selama 1 minggu sebelum ditanami. 

Menanam Bibit Srikaya

Bibit yang telah disiapkan dapat ditanam ke pot yang telah diisi Tanah dan pupuk. Buatlah lubang di bagian tengah Tanah isian, buka pelastik polybag yang digunakan untuk menyemai (cangkok atau okulasi). Usahakan jangan sampai Tanah yang ada di bibit hancur, karena Tanah tersebut berfungsi sebagai bahan makanan awal sampai akar tanaman srikaya mulai menjulur dan beradaptasi. Setelah bibit dimasukkan ke lubang tanam, tutup lubang dengan menggunakan Tanah dan sedikit padatkan. Lakukan penyiaraman setelah penanaman dilakukan.

Bibit srikaya juga bisa langsung ditanam di tanah secara langsung seperti halaman rumah atau kebun dengan membuat lubang tanam berukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm – 60cm yang diisi dengan pupuk kandang juga. 

Merawat Tanaman

Perawatan pada tanaman srikaya tidak begitu banyak, cukup melakukan pemupukan secara berkala 2 bulan sekali. Perawatan lainnya adalah pemangkasan, pengurangan cabang dan pemangkasan agar tanaman tidak terlalu tinggi. Selain itu juga pemangkasan berguna untuk mempercepat tanaman berbuah. 

Memanen Buah Srikaya

Pohon Srikaya yang ditanam dari biji biasanya akan menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 3 tahun, namun jika dari hasil cangkokan atau okulasi dan perawatan yang baik akan menghasilkan buah sekitar umur 1,5 tahun.

Simak juga : Panduan Budidaya Jeruk Lemon Cui Dalam Pot

Buah yang matang akan lebih lunak saat dipencet, dan mengeluarkan bau yang harum. Untuk menghindari dari serangan kelelawar atau hewan pemakan buah lainnya sebaiknya gunakan jaring atau sungkup saat buah mendekati matang.