Panduan Merawat Ayam Aduan Usai Bertarung

Panduan Merawat Ayam Aduan Usai Bertarung

0
SHARE
Panduan Merawat Ayam Aduan Usai Bertarung - Kabartani.com

KABARTANI.COM – Dalam sebuah adu ayam, tidak jarang ayam mengalami cidera, entah karena patukan atau “pukulan” kaki ayam lawan, tidak hanya itu saja staminanya pun terforsir. Akibatnya, ayam akan mengalami kelelahan yang luar biasa setelah bertarung. Jika perawatan setelah bertarung diabaikan begitu saja, dapat berisiko buruk terhadap kesehatan ayam tersebut.

Ayam bisa saja mengalami infeksi dari luka yang ditimbulkan atau kelumpuhan yang seakan-akan ayam terlihat sangat ketakutan. Bahkan ayam bisa kehilangan nafsu makannya, oleh karena itu, perlu diakukan perawatan yang intensif setelah ayam bertarung, agar stamina dan mentalnya kembali seperti semula.

Berikut langkah-langkah perawatannya:

1. Langkah Pertama
Untuk mencegah infeksi, teteskan antibiotik pada bagian luka yang diderita ayam. Jangan menggunakan obat luka seperti larutan iodium, karena dapat membakar kulit ayam dan bekas luka menjadi sulit hilang.

2. Langkah Kedua
Segera tutup semua luka apabila terjadi pembuluh darah yang bocor atau putus dengan cara dijahit. Jika paruh ayam terlepas, usahakan pasang kembali dengan cara mengikat paruh menggunakan benang ke jengger.

3. Langkah Ketiga
Setelah kelelahan dan mengalami beberapa luka usai bertarung, secara alami ayam biasanya tidak nafsu makan. Jika kondisinya seperti itu, berikan susu cair secara langsung ke dalam tembolok ayam. Caranya, dengan menggunakan suntikan yang berukuran besar yang ujungnya diberi selang. Apabila ayam tetap tidak mau makan, jangan terlalu dipaksakan dan anda harus tetap sabar.

4. Langkah Keempat
Tempatkan ayam di kandang terpisah yang agak jauh dari ayam-ayam lain. Setelah nafsu makan ayam kembali normal, masukkan beberapa ayam betina ke dalam kandangnya untuk membangkitkan gairahnya. Perlu anda ingat bahwa ayam harus mendapat porsi istirahat dan asupan gizi yang baik setelah bertarung. Jangan tergesa-gesa untuk menarungkan ayam kembali.

5.Langkah Kelima
Berikan pakan yang bergizi yang kaya akan karbohidrat dan protein. Setelah kembali normal (sekitar hari ke-4), berikan sedikit pellet yang dicampur susu cair. Selain itu, air minum harus tersedia setiap saat.

Baca juga

Itulah beberapa langkah perawatan ayam setelah bertarung, anda dapat melatih ayam kembali setelah dua minggu atau lebih. Untuk latihan awal, biarkan ayam diumbar di kandang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima Kasih.