Peternakan Pakan Ternak Pemanfaatan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

Pemanfaatan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

0
Bagikan

Kabartani.com – Upaya peningkatan produktivitas tanaman kopi antara lain dilakukan melalui: peremajaan tanaman kopi dengan teknologi penyambungan baik tag ent maupun top ent yang menggunakan varietas unggul, pemupukan dengan kompos maupun pupuk kimia, pemeliharaan tanaman yang benar.

Salah satu pemeliharaan tanaman kopi yang harus dilakukan adalah pemangkasan. Pemangkasan terdiri dari pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharaan, pemangkasan pemeliharaan dan pemangkasan pohon pelindung. Saat ini petani hanya melakukan pemangkasan pemeliharaan yaitu pemangkasan terhadap tunas yang tidak dikehendaki (wiwilan).

Selama ini hasil dari pemangkasan tersebut hanya dibiarkan dibawah pohon dan belum dimanfaatkan secara optimal. Sedangkan wiwilan kopi mempunyai potensi sebagai pakan ternak. Saat ini peternak masih mengalami kesulitan dalam mencari rumput untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok ternak yang dipeliharanya.

Daun kopi merupakan salah satu alternatif sebagai pakan tambahan sehingga bisa mengurangi konsumsi rumput. Alternatif ini sangat sesuai jika digunakan pada saat musim kemarau, dimana ketersediaan rumput terbatas.

Dari hasil uji laboratorium Balai Penelitian Ternak Bogor tahun 2015, kandungan nutrisi dari daun kopi segar dan yang disilase yaitu:

Parameter Daun Segar Silase Daun Kopi
PK 23,87% 17,03%
SK 25,62% 26,40%
LK 1,97% 3,26%
Energi 4456 Kcal/kg 4464 Kcal/kg
Abu 7,84% 9,43%
Ca 0,40% 0,51%
P 0,22% 0,39%
Air 68,97% 69,65%

Keterangan: PK (Protein Kasar), SK (Serat Kasar), LK (Lemak Kasar)

Potensi Daun Kopi

Daun kopi memiliki potensi yang cukup besar sebagai pakan ternak. Jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi rumput gajah yang hanya berkisar dari 8-10%. Maka daun kopi sangat berpotensi digunakan sebagai pakan ternak. Kandungan daun kopi segar hampir setara dengan kandungan nutrisi dari leguminosa seperti daun gamal yang memiliki kandungan protein kasar yaitu 23%.

Cara Perlakuan Terhadap Daun Kopi

Daun kopi segar sebelum diberikan kepada ternak sebaiknya dilakukan pelayuan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengurangi zat anti nutrisi yaitu adanya kandungan kafein dan bau langgu yang dapat menyebabkan ternak kurang menyukai daun kopi tersebut.

Sedangkan untuk silase daun kopi sebaiknya diangin-anginkan sebentar sebelum diberikan kepada ternak. Daun kopi segar sebaiknya dicacah bisa menggunakan pisau maupun dengan mesin chopper.

Cara Pemberian Kepada Ternak

Untuk melatih agar ternak terbiasa dengan daun kopi sebaiknya daun kopi segar maupun yang sudah disilase diberikan dengan cara ternak dipuasakan terlebih dahulu agar ternak mau mengonsumsi daun kopi dalam kondisi lapar dan diberikan secara rutin sampai ternak terbiasa mengonsumsi daun kopi. Daun kopi segar sebaiknya dicacah dahulu, bisa menggunakan pisau maupun dengan mesin chopper.

Simak juga: 

Sumber: Umi Pudji dan Linda Harta (BPTP Bengkulu, 2015)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here