Pembuatan Pelet Buatan Untuk Pakan Ikan

Pembuatan Pelet Buatan Untuk Pakan Ikan

0
SHARE

KABARTANI.COM-Dalam budidaya ikan air tawar seperti lele, nila,bawal,gabus,patin,dan lainsebagainya,peletsangat dibutuhkan
sebagai makanan utama ikan yang bertujuan untuk pembesaran. semakin besar ikan yang dipelihara, maka kebutuhan pelet sebagai pakanpun juga semakin banyak, dengan demikian biaya yang dikeluarkanpun juga semakin besar.

Dan untuk menghemat biaya yang akan dikeluarkan dalam budidaya ikan, maka pembuatan pelet buatanpun sangat membantu dan diperlukan, karena hal ini bertujuan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, mengingat harga pelet semakin hari juga semakin mahal.

dalam pembuatan pelet buatan yang pertama kali harus disiapkan adalah persiapan bahan yang akan digunakan untuk membuat pelet buatan. adapun pelet buatan yang baik harus banyak mengandung mineral, vitamin, dan protein yang dibutuhkan
untuk perkembangan tubuh ikan.

Adapun bahan baku utama yang memiliki kadar protein yang tinggi untuk membuat pelet buatan adalah sebagai berikut

. Keong Mas
. Dedak
. Daun pepaya
. Ikan asin BS Super
. Konsentrat
. Vitamin
. Ragi Tempe

Syarat bahan baku untuk membuat pelet buatan adalah sebagai berikut :

. Bahan mudah diolah dan tidak mengandung racun
. Mengandung nilai gizi yang tinggi
. Bukan makanan pokok manusia
. Harganya murah dan terjangkau
. Bahannya mudah dihaluskan
. Bahan Mudah diperoleh

Setelah kita siapkan bahan yang memenuhi syarat untuk pembuatan pelet buatan maka langkah selanjutnya adalah
pembuatan peletnya, adapun cara membuat pelet buatan adalah sebagai berikut :

  1. Bahan yang perlu kita siapkan adalah keong sawah, dedak, konsentrat, dan vitamin, bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu kemudian diaduk sampai rata,setelah campuran dijadikan satu maka langkah selanjutnya tambahkan ragi tempe sebanyak 125 gram atau sebanyak 3 sendok makan setelah itu aduk kembali hingga rata.

2. Bahan yang sudah dijadikan satu tersebut biarkan dalam dalam wadah yang telah disiapkan dan dalam kondisi seperti itu selama satu malam,dan kemudian tutuplah dengan rapat, hal ini bertujuan agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik dan sempurna.

3. Setelah semaleman bahan yang dijadikan satu tersebut didiamkan maka pada pagi harinya bukalah wadah yang dipakai
untuk menyimpan, setelah itu tambahkan ikan asin serta daun pepaya kemudian lumatkan terlebih dahulu hingga rata.

4. Setelah itu giling semua bahan tersebut menjadi satu, dan setelah menjadi adonan maka cetak adonan tersebut dengan mesin pencetak pelet

5. Setelah pelet dicetak, maka jemur pelet-pelet tersebut dengan menggunakan wadah yang lebar dibawah terik matahari

6. Dan setelah pelet kering ,maka pelet-pelet tersebut disimpan dan dikemas kedalam kantong plastik yang kedap air dan simpan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Demikianlah Cara Pembuatan Pelet Buatan, yang bertujuan untuk meminimalkan pengeluaran dalam budidaya ikan air tawar, mengingat harga pakan pelet yang semakin mahal, dan hal ini juga dapat untuk memprosentasekan keuntungan yang akah kita raup, semoga yang Sedikit ini dapat bermanfaat.