Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Batang pisang

Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Batang pisang

1
SHARE

Kabartani.com-Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Menggunakan Batang pisang, pohon pisang yang biasa diambil buahnya sebagai makanan, dan daunnya sebagai pembungkus makanan, setelah buah pisang matang dan ditebang, biasanya batang pohon pisang dibiarkan terbengkalai.dan biasanya batang pisang dibiarkan sampai membusuk dan terurai menjadi kompos.

Dalam pokok bahasan ini Kabartani akan menjelaskan pemanfaatan batang pisang digunakan sebagai bahan pembuat Pupuk Organik Cair. untuk proses pembuatannya sangatlah mudah, untuk langkahnya sebagai berikut:

1. Langkah Persiapan Bahan Pupuk Organik Cair

  •  200 gr gula pasir bisa juga menggunakan gula aren
  • 3 liter air tanah
  • karung bekas
  • 1 kg batang pisang, gunakan yang dalamnya berwarna putih
  • Tong atau ember yang mempunyai tutup

2. Langkah Pembuatan Pupuk Organik Cair

  • Cincang bagian dalam batang pisang menjadi potongan kecil – kecil
  • Kemudian masukkan potongan tersebut ke karung bekas
  • Campur gula dengan air di dalam ember atau tong sampai gula larut.
  • Campur gula dengan air di dalam ember atau tong sampai gula larut.
  • Potongan batang yang sudah dimasukkan dalam karung kemudian dimasukan kedalam larutan gula dan air tersebut, sampai karung tenggelam.
  • setelah karung tenggelam tutup tong tersebut dengan rapat jangan sampai terkena langsung sinar matahari

proses pembuatan Pupuk Organik Cair ini berlangsung selama seminggu sampai 10 hari, sesekali dalam sehari buka tong untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan – bahan tersebut, dilakukan dengan di aduk, setelah itu tutup kembali tong dengan rapat.

Biasanya dalam waktu 7 sampai 10 hari, pupuk Organik Cair buatan ini akan mengeluarkan tanda,apabila tercium bau tape berarti pembuatan pupuk berhasil, sebaliknya bila tercium bau comberan maka pembuatan pupuk gagal dan harus segera dibuang.

Jika pembuatan pupuk berhasil, maka segera angkat karung yang dalamnya terisi cacahan pisang tersebut, ambil air bekas rendaman karung tersebut, gunakan airnya sebagai Pupuk Organik Cair, sedangkan cacahanya gunakan sebagai kompos.

cara pemakaian Pupuk Organik Cair ini dengan dicampur dengan air sumur, air tanah dengan menggunakan perbandingan 1 : 15, yang artinya satu bagian pupuk cair organik dicampur dengan 15 bagian air tanah atau sumur tersebut.

gunakan Pupuk Organik Cair ini dua kali dalam seminggu, dengan cara disiramkan pada tanah disekitar tanaman yang ada budidaya.

Sebagai hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Pupuk Organik Cair ini, adalah penyingkatan waktu, dan untuk menyingkat waktu dalam membuat Pupuk Organik Cair ini,gunakan gula sebanyak 1 kg kemudian bahan lainnya tinggal dikalikan lima, seperti 5 kg batang pisang kemudian 15 liter air sumur atau air tanah.

Demikanlah cara membuat Pupuk Organik Cair dari batang pisang, semoga dapat bermanfaat.