Pembudidayaan Ikan Bawal

Pembudidayaan Ikan Bawal

0
SHARE

Kabartani.com-Ikan Bawal merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dan sekaligus juga hidup di air laut, tetapi disini kita bahas Ikan Bawal yang hidup di air tawar.

Ikan bawal memiliki ciri ciri fisik diantaranya gigi yang tajam, mempunyai sirip kemerah – merahan dengan kulit tubuhnya bagian atas berwarna hitam, dan bagian bawahnya berwarna putih.

Ikan bawal ini termasuk jenis ikan pirangha atau sejenis ikan predator, ketika di dalam air ikan ini sangat agresif dan makanan ikan bawal ini pemakan segala, ikan bawal sensitif dengan bau darah apabila ada darah di dalam air maka dengan cepat ikan bawal ini akan segera mendatanginya.

Ikan bawal ini tidak begitu tahan di darat, beda dengan ikan lele, atau ikan gabus yang tahan hidup beberapa waktu di darat.

Habitat hidup ikan bawal pada umumnya pada air yang mengalir, kebiasaan hidupnya bergerombol dengan ikan bawal lainnya, dan pada umumnya kebanyakan ikan bawal ini dibudidaya dikolam air tawar dengan air yang mengalir.

Ikan bawal struktur dagingnya terdapat duri – duri kecil dan lembut, Ikan bawal dapat dikonsumsi dijadikan berbagai olahan masakan seperti Bawal goreng, Bawal Bakar, Mangut Bawal adapula dibuat keripik atau kerupuk ikan bawal.

Disetiap budidaya ikan bawal langkah yang pertama dan paling penting adalah pemilihan bibit unggul,sehat, tidak berpenyakit juga didukung tempat budidaya ikan bawal yang bersih dan memadai, setelah Itu perawatan benih mulai dari telur sampai menjadi bawal dewasa juga diperhatikan dengan baik

Mulai dari pemberian makan, sampai bawal itu siap untuk dipanen. sedikit gambaran tentang budidaya ikan bawal semoga bermanfaat.