Penanganan Penyakit Pada Pohon Mangga Yang Disebabkan Oleh Jamur

Penanganan Penyakit Pada Pohon Mangga Yang Disebabkan Oleh Jamur

0
SHARE
Jamur Penyakit Pohon Mangga (Penyakit Antraknose) - Kabartani

KABARTANI.COM – Salah satu penyebab menurunnya produksi dan kualitas buah mangga yaitu karena adanya serangan hama penyakit, yang dapat menyerang batang, daun, bahkan sampai buah pohon mangga. Rendahnya kesadaran para petani dalam merawat dan memelihara tanamannya menyebabkan hama penyakit jadi semakin parah.

Dalam rangka memasuki persaingan pasar bebas, untuk mendapatkan buah mangga yang berkualitas, perlu dilakukan langkah-Iangkah yang terkordinasi dilapangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi muncul dan berkembangnya hama penyakit yang menyerang pohon mangga.

Disini kami hanya akan membahas bagaimana penanganan pohon mangga yang terserang penyakit yang disebabkan oleh jamur. Sedangkan untuk penanganan hama pohon mangga seperti wereng mangga, lalat buah, ulat penggerek buah, pengerek ranting dan kutu putih akan kami bahas di artikel berikutnya.

Langkah-langkah dibawah ini sesuai rakitan teknologi budidaya mangga yang dianjurkan. Beberapa penyakit yang menyerang pohon mangga yang disebabkan oleh jamur diantaranya:

1. ANTRAKNOSE (Colletotrichum Gloeosporiodes)

Jamur Penyakit Pohon Mangga (Penyakit Antraknose) - Kabartani
Jamur Penyakit Pohon Mangga (Penyakit Antraknose) – Kabartani

Penyakit Antraknose ini disebabkan oleh cendawan atau jamur. Antraknose biasa menyerang ranting, daun, bunga dan buah yang biasa menyerang pada saat pembungaan dan pembuahan. Jika pohon mangga terserang penyakit ini, gejala awal akan terlihat adanya bercak-bercak berwarna coklat tua pada bagian tanaman yang terserang, akibatnya daun dan bunga yang terserang menjadi kering dan gugur. Apabila menyerang buah mangga akibatnya buah mangga akan gugur sebelum waktunya.

Cara Penanganan Antraknose:

  • Potong dan bakar bagian tanaman yang terserang, agar tidak menyebar ke bagian lain.
  • Membersihkan dan memusnahkan daun-daun kering, buah yang gugur di sekitar tanaman.
  • Pada saat tampak gejala awal dilakukan penyemprotan fungisida Delsene MX – 200, Derosal 500 EC atau Alto 100 SL.

2. DIPLODIA (Botryodiplodia Theobromae)

Grevillea (Gomoses) Pohon Mangga - kabartani
Grevillea (Gomoses) Pohon Mangga – kabartani

Penyakit Diplodia pada pohon mangga juga disebabkan oleh cendawan atau jamur yang biasa menyerang batang dan ranting. Biasanya diawali adanya luka yang disebabkan oleh benda tajam atau tergores benda lain, sehingga saat di musim kemarau luka tersebut mengeluarkan blendok dan dimusim hujan luka berkembang sampai ke jaringan kayu. Batang yang terserang gejalanya yaitu pada kulit luarnya tampak seperti pecah-pecah, mengeluarkan cairan coklat kehitaman, makin lama luka melebar dan kulit mengelupas, lalu pada bagian tanaman diatasnya akan menjadi kering dan mati.

Cara Penanganan Diplodia:

  • Jika sudah parah, ranting atau cabang yang terserang dipotong dan di bakar.
  • Jika belum parah, batang yang terserang dikupas kulit luarnya sampai batas jaringan kayu, kemudian diolesi dengan fungisida Benlate seminggu sekali.
  • Apabila gejala awal muncul pada saat buah masih muda, disemprot dengan fungisida Kocide 10 hari sekali sebanyak 3 kali.

3. JAMUR UPAS (Corticium Salmonicolor)

Jamur Upas Pada pohon Mangga - Kabartani
Jamur Upas Pada pohon Mangga – Kabartani

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang berwarna putih sampai merah jambu mengkilat. Berkembang di musim hujan dan di musim kemarau masih terlihat. Gejala serangan ditunjukkan oleh terbungkusnya ranting atau cabang dengan jamur upas, bagian atas ranting yang terserang nampak pertumbuhannya tidak sehat.

Cara Pengendalian:

  • Mengupas/mengerok bagian cabang dan ranting yang terserang.
  • Jika sudah parah, potong dan bakar cabang serta ranting yang terserang, agar tidak menyebar ke bagian pohon mangga lainnya.
  • Sebelum tampak gejala serangan, tanaman disemprot dengan fungisida Dithane, Derosal atau Daconil satu minggu sekali.

Dengan kita tahu bentuk fisik dan gejala serangan hama penyakit pada pohon mangga, diharapkan para petani dapat mengantisipasi dan menangani dengan cara mengamati dan memelihara tanamannya sebaik mungkin sesuai rakitan teknologi yang dianjurkan.

Itulah informasi bagaimana Penanganan Penyakit Pada Pohon Mangga Yang Disebabkan Oleh Jamur, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima Kasih.