Penanganan Persalinan Untuk Posisi Tidak Normal Pada Kambing

Penanganan Persalinan Untuk Posisi Tidak Normal Pada Kambing

2
SHARE

KABARTANI.com – Bagaimana penanganan persalinan pada kambing yang mengalami kelahiran tidak normal? tidak jarang sering kita menemui kasus dimana induk kambing mengalami kesulitan kelahiran. Hal ini kebanyakan disebabkan karena posisi cempe yang tidak normal saat didalam kandungan. Maka pada situasi seperti inilah peran manusia (peternak) mutlak diperlukan, guna memudahkan kelahiran dan menghindarkan terjadinya kegagalan kelahiran.

Baca juga bagaimana cara Mengetahui Tanda-tanda Kambing Yang Akan Melahirkan.

Beberapa faktor yang biasa menyebabkan induk kambing mengalami kesulitan dalam melahirkan, diantaranya.

  • Posisi janin yang tidak normal
  • Induk kambing memiliki pinggul yang sempit
  • Bobot janin yang terlalu besar
  • Janin sudah mati sebelum dilahirkan
  • Induk kambing dalam kondisi lemah atau sakit

Gambar posisi kelahiran tidak normal adalah sebagai berikut:

Gambar posisi kelahiran kambing tidak normal
Gambar posisi kelahiran kambing tidak normal

Seperti pada gambar diatas, beberapa posisi kelahiran tidak normal yaitu salah satu kaki depan mengarah kebelakang, kepala memutar kebelakang, kepala dan keempat kaki mengarah kebelakang. Sebenarnya, terjadinya kesulitan melahirkan dapat diketahui apabila cempe tidak dapat keluar setelah 45-60 menit setelah pecahnya ketuban.

Penanganan persalinan untuk posisi tidak normal pada kambing

Usahakan potong kuku anda terlebih dahulu guna menghindari melukai organ dalam pada kambing saat proses penanganan. Kemudian, lanjutkan dengan mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun.

Cuci tangan dan potong kuku terlebih dahulu sebelum penanganan kelahiran tidak normal pada kambing
Cuci tangan dan potong kuku terlebih dahulu sebelum penanganan kelahiran tidak normal pada kambing

Dalam penanganan kelahiran kambing yang tidak normal, memang pada awalnya akan terlihat sulit, namun jika anda melakukkannya sesuai panduan yang benar maka saya yakin sobat tani sekalian mampu mempraktekannya.

Disini saya berikan contoh kasus penanganan pada posisi kelahiran satu kaki didepan namun satu kaki lainnya dalam posisi tertekuk. Pada posisi seperti ini masukan tangan anda pada organ kelahiran induk secara perlahan, jangan khawatir jika tangan anda tidak bisa masuk, karena tekstur organ kelahiran tersebut sangat elastis. Usahakan untuk meraih kaki yang tertekuk terlebih dahulu dengan menggunakan jari telunjuk anda, dengan memposisikan kepala cempe berada diantara jari telunjuk dan jari tengah. Jika sulit, sedikit dorong bagian kepala kembali kedalam secara perlahan hingga tangan anda mampu meraih kaki yang tertekuk tersebut. Setelah itu posisikan kedua kaki depan sejajar (seperti posisi normal) dan tarik keluar secara perlahan mengikuti dorongan sang induk.

Perhatikan !!! jangan menarik paksa tanpa mengikuti irama dorongan dari induk!!  Lebih mudahya bisa anda lihat melalui ilustrasi gambar dibawah ini:

Cara melakukan penarikan perlahan pada kelahiran tidak normal pada kambing
Cara melakukan penarikan perlahan pada kelahiran tidak normal pada kambing

Baca juga

Itulah informasi mengenai bagaimana Penanganan Persalinan Untuk Posisi Tidak Normal Pada Kambing, semoga informasi ini bisa memberi pemahaman dan panduan bagi sobat tani sekalian agar bisa mempraktekkan. Terima kasih.