Pencegahan dan Pengendalian Busuk Akar Tanaman Lada (Phytophthora Capsici)

Pencegahan dan Pengendalian Busuk Akar Tanaman Lada (Phytophthora Capsici)

0
SHARE

KabarTani.com – Pencegahan dan Pengendalian Busuk Akar Tanaman Lada (Phytophthora Capsici). Busuk akar merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi pada tanaman lada, apa yang menyebabkan terjadi busuk akar? bagaimana pencegahan dan pengendalian busuk akar pada tanaman lada? oke mari kita bahas masalah ini.

Busuk akar pada tanaman lada disebabkan oleh jamur Phytophthora Capsici. Jamur Phytophthora capsici yang merupakan patogen penyebab penyakit ini, sebenarnya dapat menyerang pada seluruh bagian tanaman lada, namun serangan yang paling mematikan adalah pada pangkal batang atau akar.

Apa yang menyebabkan jamur Phytophthora Capsici muncul?

Jamur Phytophthora Capsici muncul dikarenakan perubahan musim dan curah hujan yang sangat tinggi, sehingga mengakibatkan jamur Phytophthora Capsici akan mudah berkembang biak dengan cepat dan dapat bertahan hingga cukup lama. Jamur Phytophthora capsici ini merupakan jamur tular tanah, dapat membentuk struktur istirahat yang mampu bertahan dalam waktu cukup lama.

Simak juga Cara Budidaya Tanaman Lada

Penyebaran Penyakit :

Penyebaran jamur Phytophthora Capsici bisa melalui berbagai media, diantaranya yaitu terbawa air, angin yang terjadi ketika hujan, tanaman lain, hewan lain, manusia dan bisa jadi melalui alat-alat pertanian. Jamur Phytophthora Capsici juga mempunyai kisaran inang cukup banyak.

Gejala Serangan :

Gejala yang mudah dikenali dari serangan jamur Phytophthora Capsici adalah adanya bercak-bercak pada daun lada bagian tengah atau tepi daun.

Sepanjang tepi bercak tersebut berwarna hitam bergerigi seperti renda, yang akan terlihat jelas ketika gejala masih segar. Bagian tersebut tidak nampak ketika daun sudah mengering atau pada gejala lanjut.

gejala-busuk-akar-oleh-jamur-phytophthora-capsici-pada-lada-kabartaniDaun-daun lada yang terserang itu merupakan sumber inokulum bagi tangkai atau cabang sehat yang berada di dekatnya.

Pangkal batang atau akar tanaman lada yang terserang akan berubah warna menjadi hitam, lalu membusuk dan saat keadaan lembab akan nampak lendir yang berwarna kebiruan.

Infeksi pada daun lada biasanya terjadi setelah turun hujan. Apabila selama hujan yang disertai angin kencang, dapat menyebabkan propagul Phytophthora capsici terbawa dan menyebar ke daun tanaman di sekitarnya.

Jika serangan patogen terjadi pada satu tanaman dalam suatu kebun, maka bisa diperkirakan 1 hingga 2 bulan kemudian penyakit akan menyebar ke tanaman di sekitarnya. Ingat ! penyebaran penyakit ini akan lebih cepat pada musim hujan, terutama pada pertanaman lada yang disiang bersih.

Upaya Pengendalian :

  • Untuk efektivitasnya pengendalian terpadu perhatian juga harus diberikan terhadap penataan kondisi lingkungan sekitar agar tidak terlalu lembab.
  • Pemangkasan tajar dan pemeliharaan saluran drainase sangat berperan dalam pengendalian penyakit busuk pangkal batang.
  • Interaksi tanaman lingkungan patogen sangat menentukan perkembangan penyakit busuk pangkal batang ini.

Upaya Pencegahan :

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan antara lain,

  • Menggunakan varietas tahan penyakit jamur,
  • Menggunakan bahan tanaman dari tanaman yang sehat,
  • Menggunakan bibit yang sehat,
  • Melakukan pengolahan lahan yang baik dan benar.

Pencegahan merupakan tindakan yang paling baik, sebab akan sulit mengendalikan penyakit ini pada tanaman yang sudah terlanjur terinfeksi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Taufik, Andi Khaeruni, Abdul Wahab dan Amiruddin (2011). Aplikasi agensia hayati (Trichoderma sp. dan PGPR) serta A. pintoi. Baik secara tunggal maupun kombinasi meningkatkan pertambahan tinggi tanaman dan jumlah daun tanaman lada lebih dari lima kali serta mempercepat timbulnya sulur dibandingkan dengan kontrol dan fungisida. Aplikasi Trichoderma sp. yang dikombinasikan dengan A. pintoi menekan kejadian penyakit kuning hampir 30%.

Simak juga Video Panduan Cara Budidaya Lada Perdu Agar Hasil Panen Melimpah

Demikianlah informasi mengenai Pencegahan dan Pengendalian Busuk Akar pada Tanaman Lada (Phytophthora Capsici). Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.