Pencegahan Dan Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Cabai

Pencegahan Dan Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Cabai

0
SHARE

KABARTANI.COM – Pencegahan Dan Pengendalian Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Cabai. Hama ulat yang paling sering menyerang tanaman cabe adalah Spodoptera litura.

Ulat grayak ini sangat merugikan karena menyerangan tanaman secara bergerombol dan massif sehingga kadang disebut juga sebagai ulat tentara (army worm).  Ulat grayak biasanya menyerang pada malam hari, tingkat serangan parah dan tingkat lanjut bisa menyebabkan seluruh pertanaman dalam satu hamparan bisa habis dalam waktu satu malam saja.

Gejala Serangan

Salah satu gejala awal serangan ulat grayak  ialah daun – daun cabe yang meranggas dan berlubang-lubang. Ulat grayak mulai memakan daun dari bagian tepi kemudian ke bagian atas maupun bawah daun.  Pada tingkat serangan yang parah daun hanya tertinggal epidermisnya saja.  Sehingga daun menjadi tidak berfungsi sebagai tempat fotosintesis, akibatnya produksi buah cabe terhambat dan menurun.

Perkembangan Ulat Grayak:

Apabila disekitar pertanaman cabe banyak kupu-kupu beterbangan pada malam hari dengan ciri-ciri berwarna agak gelap dengan garis agak putih pada sayap depan, berarti itulah serangga dewasa dari ulat grayak. Kupu-kupu ini akan meletakkan telur secara berkelompok di atas daun atau tanaman dan ditutup dengan bulu-bulu. Jumlah telurnya bisa mencapai 500 butir per betina. Telur-telur tersebut kemudian akan menetas menjadi ulat /larva,  mula-mula hidup berkelompok dan setelah dewasa kemudian menyebar.

Tanda Serangan Ulat Grayak

Salah satu ciri khas yang bisa menjadi penanda dari larva / ulat  grayak ini adalah terdapat bintik-bintik segitiga berwarna hitam dan bergaris-garis kekuningan pada sisinya. perkembangan selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa / kepompong yang biasanya dibentuk di bawah permukaan tanah.  Daur hidup dari telur menjadi kupu-kupu berkisar antara 30 – 61 hari.  Stadium yang paling membahayakan dari hama Spodoptera litura F ini adalah saat ia berada pada stadium larva / ulat.  Membahayakan karena ulat grayak ini sangat rakus dan menyerang bukan hanya tanaman cabe saja, ulat grayak termasuk ulat polifag yang makan segala jenis tanaman.

Cara Mengatasi Hama Ulat Grayak:

Hama ulat dalam hal ini kami kendalikan dengan pestisida nabati organik- PESNATOR.  Cara kerjanya adalah dengan,mengupayakan agar hama ulat tidak mau makan dan tidak “kerasan” tinggal dipertanaman yang telah diaplikasikan PESNATOR tersebut.  Sebenarnya simpel sekali cara kerjanya,jadi tidak perlu dimatikan,hamanya tetapi cukup disingkirkan.  Adapun dampak positifnya selain buah cabe sehat juga tidak menyebabkan kekebalan Hama.